Mengenal Teknologi Standar HDMI 2.1 Yang Baru Dirilis

Pekan lalu HDMI Forum mengumumkan spesifikasi umum standar HDMI 2.1, yang detailnya akan dipublikasikan kuartal kedua besok. Standar terbaru ini akan meningkatkan bandwidth link hingga 48 Gbps dan...

351 0
351 0

Pekan lalu HDMI Forum mengumumkan spesifikasi umum standar HDMI 2.1, yang detailnya akan dipublikasikan kuartal kedua besok. Standar terbaru ini akan meningkatkan bandwidth link hingga 48 Gbps dan mendukung resolusi hingga 10K (10328 x7760) tanpa kompresi. Selain itu juga mendukung space warna hingga 16 bit per komponen, dynamic HDR, variasi refresh rate untuk aplikasi gaming dan format audio terbaru.

Bandwidth Hingga 48Gbps

Kunci utama dari banyaknya fitur baru HDMI 2.1 tersebut adalah peningkatan bandwith sangat signifikan dibandingkan versi 2.0. Bandwidthnya mencapai 48Gbps yang sangat signifikan dibandingkan sebelumnya yang hanya 18Gbps, bahkan melampaui bandwith USB-C yang akan mampu menghandle evolusi jangka panjang teknologi TV dan monitor. Standar HDMI 2.1 mensyaratkan kabel 48G terbaru namun tetap kompatibel dengan konektor yang ada saat ini (Tipe A, C dan D) dan perangkat yang ada saat ini.

Standar kabel 48G untuk HDMI 2.1 dengan panjang standar hingga 2 meter akan menggunakan kabel tembaga, untuk yang lebih panjang lagi masih menjadi pertanyaan. Namun perlu dicatat bahwa walaupun fitur baru HDMI 2.1 tersebut membutuhkan kabel baru, namun fitur tersebut tidak semuanya kompatibel pada seluruh perangkat walau sudah menggunakan kabel 48G.

Dukungan Resolusi Tinggi

Peningkatan bandwidth kabel 48G HDMI 2.1 akan mampu mendukung standar resolusi UHD baru, termasuk diantaranya 4Kp120, 8Kp100/120, 10Kp100/120 dan refresh rate yang lebih tinggi lagi. Perlua diketahui juga bahwa peningkatan bandwidth tersebut juga mampu mendukung color space saat ini dan masa depan, semisal BT.2020 (Rec. 2020) dengan 10,12 bahkan hingga 16 bit warna tanpa kompresi. Versi HDMI 2.1 juga kemungkinan akan mendukung BT.2100 (Rec. 2100) yang menghasilkan peningkatan kualitas pada sektor HDR dibanding BT.2020. Walau HDMI 2.0 saat ini sudah mendukung BT.2020 dan HDMI 2.0b sudah mendukung HDR10 (via HLG), namun hanya mampu mendukung warna 10 dan 12 bit per sampel pada resolusi hingga 4Kp60. Sedangkan untuk mendukung HDR pada resolusi 8K, harus membutuhkan HDMI 2.1.

High Dynamic Range

Standar HDMI 2.1 bahkan mendukung HDR metadata, sehingga memungkinkan kreator konten untuk mengontrol level warna, kontras dan brightness pada setiap frame. Fitur dynamic HDR tersebut tidak mensyaratkan kabel 48G untuk menghandle vidoe hingga resolusi 4Kp60, namun pabrikan bisa menambahkan fitur dynamic HDR dengan hanya menggunakan update firmware. Namun fitur tersebut tidak bisa berfungsi pada hampir seluruh perangkat yang ada saat ini karena perbedaan algoritma kinerja pipeline display dan kebanyakan panel TV tidak mendukung diatas HDR10. Dengan adanya fitur baru pada HDMI 2.1 ini maka bisa jadi konten game dan hiburan dari media rekam digital semisal UHD Blu-Ray yang saat ini masih belum mendukung dynamic HDR nantinya akan mampu ditambahkan berbagai macam fitur baru, apalagi baru-baru ini AMD memperkenalkan teknologi FreeSync 2. Namun perlu dicatat bahwa Forum HDMI saat ini belum menyebutkan secara detail implementasi HDR secara spesifik, namun hanya menyatakan bahwa standar HDMI 2.1 akan mampu mendukung berbagai teknologi HDR tersebut.

Variabel Refresh Rate

Dynamic HDR tidak hanya akan menjadi satu-satunya fitur HDMI 2.1 yang bisa dipalikasikan pada game. Diantara fitur lainnya yaitu standar baru tersebut akan mendukung Game Mode Variable Refresh Rate (GM VRR). Saat ini AMD sudah mendukung FreeSync via HDMI menggunakan mode custom dan dengan HDMI 2.1 maka semuanya akan lebih sederhana. HDMI 2.1 GM VRR nantinya akan bisa bekerja pada resolusi 4Kp120 dan 8Kp60 dengan kabel 48G baru, namun untuk resolusi dan refresh rate dibawahnya maka kabel HDMI 1.4 saat ini sudah mencukupi. Saat ini masih belum diketahui apakah GPU dan konsol yang ada saat ini dapat diupdate untuk mendukung HDMI 2.1 GM VRR, namun yang jelas GPU yang akan dirilis nantinya akan mendukung teknologi tersebut karena mengimplementasikan standar HDMI 2.1 secara umum. Begitu juga dari segi perangkat penampil gambar semisal Monitor dan TV, untuk saat ini apakah sudah mendukung VRR atau belum, namun yang jelas sebagian TV dan Monitor yang akan rilis nantinya juga akan mendukung VRR. Sementara itu HDMI 2.1 VRR juga akan dirilis pada konsol masa depan nantinya, dengan demikian fitur tersebut akan menjadi standar pada gaming.

Audio Berbasis Objek

Standar HDMI 2.1 juga memiliki kemampuan eARC, yaitu dukungan terhadap format audio berbasis obyek dan banyak channel. HDMI Forum tidak menyebutkan secara detail merk standarnya, namun Dolby Atmos dan DTS:X kemungkinan besar menjadi kandidat utama yang akan didukung.

Produk dengan fitur yang sudah mendukung HDMI 2.1 bisa jadi akan mulai segera muncul akhir tahun ini, namun akan lebih banyak muncul pada tahun-tahun mendatang. HDMI Firum sendiri baru berencana akan merilis test dan sertifikasi kompatibilitas HDMI 2.1 pada kuartal 2 atau bahkan kuartal 3 tahun ini. Tidak semua fitur pada spesifikasi HDMI 2.1 akan segera tersedia tahun ini, kemungkinan besar mulai 2018. Dari segi lisensi, semua industri berlisensi HDMI 2.0 akan diberi akses teknologi HDMI 2.1.

Saat ini HDMI 2.0b masih menjadi standar interface produk tertinggi GPU dan monitor. Fitur HDMI 2.0 juga diaplikasikan pada berbagai versi GPU NVIDIA GeForce GTX generasi Pascal. Informasi mengenai produk VGA berbasis NVIDIA GeForce 10 bisa didapat melalui distributor resmi monitor BenQ dan kartu VGA EVGA dan AFOX.

Sumber 1 / Sumber 2

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas