Mengenal Teknologi FRAME PACING DirectX 12 Untuk Sistem Multi-GPU

Microsoft DirectX 12 pada Windows 10 menyertakan kemampuan dan fitur untuk mendukung multi-GPU secara internal. Segala masalah multi-GPU yang klasik selama ini diperbaiki pada DirectX 12 sehingga akan bekerja lebih...

912 1
912 1

Microsoft DirectX 12 pada Windows 10 menyertakan kemampuan dan fitur untuk mendukung multi-GPU secara internal. Segala masalah multi-GPU yang klasik selama ini diperbaiki pada DirectX 12 sehingga akan bekerja lebih baik dan optimal. Manajer Marketing Senior AMD, Scott Watson menjelaskan teknologi tersebut pada sebuah video berdurasi 5 menit. Tulisan kali ini akan menjelaskan secara singkat inti teknologi multi-GPU DX12 dari video tersebut (via Hot Hardware).

Teknologi Frame Pacing atau teknologi “frame bergiliran” adalah teknologi dari DirectX 12 pada AMD Radeon driver update terbaru yang memungkinkan rendering setiap frame pada grafik game dapat bekerja maksimal tanpa mengalami jeda atau patah-patah pada engine game, bahkan pada kondisi dimana suatu frame membutuhkan komputasi VGA yang lebih berat dibanding frame lainnya. Pada dasarnya Frame Pacing adalah semacam sistem yang bekerja secara otomatis untuk menentukan GPU atau VGA mana yang memproduksi suatu frame tertentu sehingga bisa menghasilkan grafik game yang konsisten dan halus. Kartu VGA memiliki peran utama pada frame pacing ini sedangkan software driver akan berfungsi sebagai otak dari sistem ini.

Frame pacing akan membagi kinerja GPU sesuai dengan kemampuan masing-masing secara bergiliran dengan pembagian waktu yang tepat. Jika dua GPU tersebut memiliki spesifikasi performa yang seragam maka kinerjanya akan dibagi 50-50 secara bergiliran. Jika diantara dua GPU tersebut memiliki spesifikasi performa yang tidak seragam maka GPU yang lebih kuat akan menghandle kinerja lebih untuk mengimbangi dan mengisi kekurangan kinerja GPU yang lebih lemah sehingga akan menghasilkan performa keseluruhan yang hampir seragam dan seimbang. Jadi selain mengatur beban kinerja GPU, frame pacing juga mengatur timing produksi frame grafik pada tiap GPU.

Sebelum ada teknologi frame pacing, kinerja GPU pada DirectX 12 masih belum sinergis sehingga frame yang dihasilkan akan saling bertumpuk dan tidak merata. Pada kasus Forza Horizon 3 bahkan sama sekali tidak ada peningkatan sedikitpun pada konfigurasi multi-GPU semisal SLI maupun Crossfire dibanding dengan single-GPU. Diharapkan teknologi frame pacing bisa meminimalisir problem tersebut.

Grafik tersebut menunjukkan perubahan ketika frame pacing diaktifkan. Tampak bahwa setiap GPU menghasilkan frame secara bergiliran sehingga saling mengisi antara satu dengan yang lain dengan pembagian waktu yang lebih merata. Walau masih belum 100% seragam namun perbedaannya sangat kecil dan tidak begitu terlihat oleh pandangan normal.

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Fredy Balas

    Informasi yang sangat berguna.
    Apabila ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku bisa kunjungi http://library.gunadarma.ac.id/
    Terima kasih.


Lewat ke baris perkakas