Memory Card 1TB Diperkenalkan Oleh Sandisk

SanDisk memperkenalkan SD Card dengan kapasitas terbesar di dunia hingga saat ini, sebuah purwarupa kartu memori dengan kapasitas yang mencengangkan yaitu 1TB (1000GB). Kartu memori berjenis SDXC tersebut...

331 0
331 0

SanDisk memperkenalkan SD Card dengan kapasitas terbesar di dunia hingga saat ini, sebuah purwarupa kartu memori dengan kapasitas yang mencengangkan yaitu 1TB (1000GB). Kartu memori berjenis SDXC tersebut hingga saat ini hanya masih berupa purwarupa (prototype) sehingga belum ada kejelasan dari pihak SanDisk kapan kartu memori ini diluncurkan di pasaran. Padahal baru 16 tahun lalu Sandisk juga pertama kalinya memperkenalkan SD Card berkapasitas 64MB, ketika itu yang terbesar di dunia. Tidak sampai 2 dekade kapasitasnya sudah berlipat 15.625 kali. Dua tahun lalu perusahaan yang belum lama diakusisi Western Digital senilai 19 milyar USD ini juga merilis SD Card berkapasitas terbesar di dunia ketika itu, 512GB.

Menurut pihak SanDisk, kartu memori berukuran 1TB saat ini sudah mulai dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan format data yang berukuran besar, semisal video 4-8K, video 360 derajat, VR dan video HDR. Namun sayangnya kartu memori ini pada awalnya jelas akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding 4 kartu berkapasitas 256GB, selain itu kecepatan baca tulis (read-write) juga tidak terlalu cepat. Sisi negatif lain dari kartu memori ini yaitu karena besarnya kapasitas kartu memori ini seluruh data yang anda kumpulkan dalam jangka waktu lama bisa hilang begitu saja bersama hilang dan rusaknya kartu memori ini.

Sumber: The Verge

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas