APU terbaru AMD Bristol Ridge Lebih Cepat dan Efisien Dibanding Kaveri [Review Singkat]

AMD Bristol Ridge APU dengan soket AM4 sudah mulai dites oleh sebuah situs dari Korsel, Bodnara. Testing tersebut menggunakan APU A12-9800 soket AM4 dibandingkan dengan A10-7870K bersoket FM2+,...

963 1
963 1

AMD Bristol Ridge APU dengan soket AM4 sudah mulai dites oleh sebuah situs dari Korsel, Bodnara. Testing tersebut menggunakan APU A12-9800 soket AM4 dibandingkan dengan A10-7870K bersoket FM2+, keduanya sama-sama varian tertinggi APU pada masing-masing generasi.

Selama ini performa APU Bristol Ridge hanya diketahui berdasarkan informasi sepihak yang diberikan oleh AMD melalui slide-slide presentasinya. Dengan demikian ini menjadi pertama kalinya untuk mengetahui kinerja sebenarnya Bristol Ridge dibanding pendahulunya. AMD sendiri sebenarnya sudah meluncurkan Bristol Ridge sejak 5 September kemarin. Pada dasarnya Bristol Ridge merupakan pengembangan dan optimasi dari Carrizo yang sudah beredar di pasaran sejak tahun lalu.

Bristol Ridge merupakan APU yang terdiri dari 4 core CPU x86 Excavator dengan L2 cache 2MB, dengan dukungan HSA dan standar memori DDR4 terkini. AMD menjanjikan peningkatan performa Instruction Per Clock (IPC) dibanding generasi pendahulunya. APU ini sendiri juga dibekali oleh AMD dengan media akselerator terintegrasi yang mendukung penuh HEVC (High Efficient Video Codec) 4K H.265 yang mampu menjadikannya solusi sistem HTPC (Home Entertainment PC) modern.

Perbandingan Spesifikasi AMD A12-9800 vs A10-7870K

A12-9800 sendiri merupakan varian tertinggi dari keluarga APU Bristol Ridge dengan total 12 CU (Compute Unit), 4 core CPU dan 8 cluster core GPU. Core CPU-nya sendiri memiliki frekuensi standar 3.8 GHz dan 4.2 GHz boost. Untuk chip grafiknya menggunakan Radeon R7 dengan total 512 stream processor core yang dikelompokkan ke dalam 8 cluster core dengan frekuensi 1108 MHz. Total konsumsi daya APU tersebut mencapai 65W.

A10-7870K merupakan APU tertinggi dan tercepat di generasi Kaveri. Walau sudah cukup uzur, namun masih dianggap sebagai APU kelas mainstream yang mumpuni. Konfigurasi CPU dan GPU-nya sama seperti A12-9800 namun dengan frekuensi CPU 3.9 GHz dan 4.1 GHz, sedangkan chip grafik (GPU) pada 866 MHz dengan jumlah core sama-sama 512. Untuk konsumsi daya total A10-7870K mencapai 95W.

Dikarenakan faktor perbedaan soket, maka APU Bristol Ridge sudah mendukung standar DDR4 terbaru sedangkan Kaveri masih menggunakan standar memori DDR3. Platform pengujiannya sendiri sama-sama menggunakan memori RAM 8GB untuk masing-masing PC, PSU 850W, dan VGA Nvidia GTX 1070 Founders Edition untuk pengujian grafik tingkat tinggi, serta motherboard berchipset B350M dan A88 untuk masing-masing CPU yang kompatibel.

Varian keluarga APU AMD Bristol Ridge AM4

Jika dilihat lebih jauh lagi maka desain APU Bristol Ridge lebih padat dan kompleks dengan dimensi yang sama dengan pendahulunya. Soket AM4 dengan jumlah pin 1331 jauh lebih banyak dibanding soket FM2+ dengan jumlah pin hanya 906 padahal area luasan kontaknya sama. Dimensi luasan soket yang tidak berubah menjadikannya sistem pendingin dari soket FM2+ dan AM3+ ada kemungkinan masih bisa kompatibel dengan soket baru AM4, walau perlu ada sedikit penyesuaian.

Perbandingan performa AMD A12-9800 vs A10-7870K

Pada pengujian kali ini, A12-9800 menunjukkan peningkatan performa komputasi sebesar 5%, peningkatan 13% pada multimedia dan 20% peningkatan bandwidth. Optimasi arsitektur terbaru dan upgrade ke platform AM4 membantu peningkatan yang cukup bagus. Pengujian dengan software PCMark 8 dan 3DMark dengan menggunakan VGA GTX 1070 menunjukkan bahwa performa A12-9800 meningkat sebesar 10-15%.

Untuk performa single dan multi core, tampak bahwa Bristol Ridge A12 meningkat sebesar 6% untuk single dan 15% untuk multi core dibanding Kaveri A10. AM4 juga menunjukkan peningkatan bandwidth port SATA secara signifikan hingga 50%.

Untuk performa gaming dengan VGA add-on (GTX 1070), Bristol Ridge A12 menunjukkan peningkatan pada game Rise of Tomb Raider DX12 hingga 20% dan hingga 5% untuk game Total War: Warhammer, tergantung resolusinya.

 

Untuk performa OpenCL dan grafik pada chip GPU terintegrasi juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Teknologi core prosesor grafik GCN generasi terbaru dan kecepatan frekuensi yang ditingkatkan menjadi faktor utama peningkatan tersebut. Berikut grafik performa Bristol Ridge A12 pada pengujian sintetis dan beberapa game.

Pengujian ini diakhiri dengan pengukuran konsumsi daya. Bristol Ridge A12 menunjukkan efisiensi daya yang jauh lebih baik dibanding Kaveri A10 yang ditunjukkan dengan konsumsi daya lebih rendah hingga 75% pada kondisi diam. Selain efiensi daya, temperatur operasional juga menurun cukup signifikan. Jika diakumulasi dan dirata-rata maka Performance per Watt Bristol Ridge meningkat lebih dari 50% dibanding Kaveri, hal ini cukup luar biasa mengingat ukuran transistor masih sama-sama 28nm.

Di sini terlihat bahwa AMD benar-benar memaksimalkan arsitektur CPU dan GPU pada 28nm, selain itu juga faktor pihak Global Foundries selaku produsen yang semakin mengupgrade proses fabrikasi 28nm.

APU Bristol Ridge terbukti sangat meyakinkan baik dari segi performa maupun efisiensi untuk kelas mainstream atau budget pas-pasan, namun sayangnya hingga saat ini hanya tersedia untuk pabrikan PC OEM. AMD belum memberi kejelasan kapan Bristol Ridge akan tersedia bagi konsumen PC desktop rakitan. Namun kemungkinan besar AMD akan merilisnya akhir tahun ini bersama CPU Summit “Zen” Ridge dan motherboard AM4 untuk mengisi pasar AM4 sebelum Raven Ridge APU yang berbasis Zen masuk pasaran pada pertengahan tahun depan.

 

 

 

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. APU AMD Bristol Ridge Berhasil Dioverclock Hingga 4,8 GHz - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] mendasar yang terkait tentang AMD Bristol Ridge A12-9800 sudah pernah dibahas pada postingan sebelumnya, juga dibahas mengenai soket terbaru AM4. […]


Lewat ke baris perkakas