Marvell Mengumumkan Kontroler SSD Terbarunya, 88SS1079

Marvell mengumumkan versi update dari chip kontroler SSD SATA 88SS1074 yang cukup populer pada event CES 2017, yaitu versi 88SS1079. Tidak ada peningkatan performa secara signifikan dari chip ini sebagaimana...

266 0
266 0

Marvell mengumumkan versi update dari chip kontroler SSD SATA 88SS1074 yang cukup populer pada event CES 2017, yaitu versi 88SS1079. Tidak ada peningkatan performa secara signifikan dari chip ini sebagaimana yang dikutip dari Anandtech. Kontroler baru ini menanamkan beberapa komponen yang sebelumnya terdapat pada PCB ke dalam chip kontroller sehingga bisa memangkas biaya, kerumitan sirkuit PCB, ukuran dan konsumsi daya yang memungkinkan untuk ditambahkan chip NAND untuk menambah kapasitas. Kontroler 88SS1074 selama ini populer digunakan pada beberapa produk SSD mainstream seperti SanDisk X400 dan WD Blue, sehingga diharapkan mereka akan mengupdatenya dengan kontroler Marvell 88SS1079. Adopsi generasi baru 3D NAND tahun ini memungkinkan produsen SSD untuk segera mengupdate produknya dengan chip Marvell 88SS1079.

Hingga saat ini, menurut Anandtech masih belum ada produsen SSD yang mengumumkan produknya yang menggunakan chip kontroler Marvell 88SS1079 terbaru ini dan Marvell tidak memberikan komentarnya mengenai brand SSD apa saja yang akan menggunakannya. Namun sebenarnya tidak terlalu lama bagi produsen SSD semisal Sandisk/WD untuk mengadopsi chip kontroler baru tersebut, karena chip tersebut menggunakan teknologi yang tidak jauh berbeda dan kompatibel dengan firmware sebelumnya. Diperkirakan produk SSD dengan chip kontroler tersebut sudah mulai dirilis pada pertengahan tahun ini, khususnya SanDisk dan WD.

Update terkini informasi terkait produk SSD dari SanDisk dan WD di Indonesia dapat diperoleh melalui distributor resmi.

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas