Zorin OS Bisa Menjadi Alternatif Open Source Dari Windows 10

Windows 10 tidak diragukan lagi merupakan OS besutan Microsoft yang sangat bagus, namun di sisi lain cukup memiliki beberapa aspek yang perlu digarisbawahi diantaranya fitur data mining dan dan...

476 0
476 0

Windows 10 tidak diragukan lagi merupakan OS besutan Microsoft yang sangat bagus, namun di sisi lain cukup memiliki beberapa aspek yang perlu digarisbawahi diantaranya fitur data mining dan dan mekanisme Windows Update secara otomatis yang cukup memakan waktu serta koneksi internet. Bagi yang semakin merasa tidak nyaman dengan Windows 10 sebenarnya cukup banyak pilihan OS alternatif, tidak berarti harus Apple macOS. Alternatif yang gratis dan bisa diinstal pada PC apapun, diantaranya adalah Zorin OS yang berbasis Ubuntu Linux.

Sebagian distro Linux berusaha meraup pengguna dari kalangan orang-orang yang sudah kadung terbiasa dengan Windows, Zorin OS adalah salah satunya. Tampilan desktopnya yang berbasis GNOME didesain untuk meniru WIndows pada beberapa hal pokok semisal taskbar yang terletak di bawah dan berbagai menu sistem operasi yang terletak di sisi kiri. Tampilan penunjuk waktu dan ikon system tray lainnya dapat ditemukan pada sisi kanan taskbar.

 

Zorin dapat diunduh dan diinstal secara gratis. Walau distro Linux baru ini berbasis distro terpopuler dan terstabil, Ubuntu, namun banyak sekali kustomisasi dan pilihan yang disajikan sehingga Zorin memiliki identitas tersendiri. Bahkan, optimasi desktopnya tergolong bagus.

Fitur-fitur Zorin terlalu banyak untuk dijabarkan di sini. Jika anda ingin mencobanya, ada baiknya dulu langsung mengunjungi halaman rilisnya secara langsung untuk memastikan anda yakin untuk menggunakannya. Ada banyak fitur-fitur yang mungkin masih kurang familier dan asing bagi anda yang biasa menggunakan Windows 10.

Kolom pencarian yang disebut “Universal Search” cukup bagus di Zorin, memungkinkan pengguna untuk melakukan pancarian file di dalam PC maupun ketika online, bahkan mampu menjawab pertanyaan hitungan matematika. Distro Linux berbasis Ubuntu ini bahkan mendukung layar multi-sentuh, jadi jika anda memiliki tablet atau monitor touchscreen, maka anda bisa memanfaatkan fitur berbasis berbagai gerakan sentuh.

Jika akhirnya anda sudah merasa sangat cocok dengan Zorin dan ingin mendukung pengembangan distro Linux tersebut lebih lanjut, maka tidak ada salahnya jika anda membeli “Ultimate Edition” yang dibanderol 15 Euro atau sekitar 215 ribu rupiah. Tidak ada keterangan yang cukup detail mengenai fitur ekstra yang terdapat pada Zorin Ultimate Edition, namun pada halaman resminya Zorin disebutkan terdapat 20 game, layout desktop yang bervariasi meniru desain GNOME2/Unity/macOS, wallpaper video dan dukungan premium dari developer.

Bagi anda yang belum pernah mencoba Linux karena merasa terlalu kesulitan dan berbeda dengan Windows, maka tidak ada salahnya mencoba Zorin. Bisa jadi anda akan menyadari bahwa tampilannya jauh lebih bagus dan customizable dibanding Windows 10 yang jauh lebih mahal, namun semua kembali pada selera masing-masing.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas