LG Minibeam Projector PH300

Di dunia yang penuh dengan hingar bingar aktivitas yang sangat sibuk dan menuntut segala sesuatu yang sesimple mungkin membuat para ilmuwan-ilmuwan memikirkan berbagai cara untuk membuat teknologi terkini...

456 0
456 0

Di dunia yang penuh dengan hingar bingar aktivitas yang sangat sibuk dan menuntut segala sesuatu yang sesimple mungkin membuat para ilmuwan-ilmuwan memikirkan berbagai cara untuk membuat teknologi terkini yang simple dan keren. Artian simple di sini ialah bentuk yang kecil, dapat dibawa kapan saja dan tentu saja dapat bekerja dengan maksimal.

Kali ini giliran LG yang menjadi tamu di kantor kami, Produk kali ini bukanlah smartphone yang telah banyak dibahas, namun kali ini adalah Projector. Hah… Projector? Bukankah projector itu besar dan repot di bawa kemana-mana? Apanya yang simple?. Eiittttsss… Tunggu dulu teman, Ini bukanlah Projector yang sering kita lihat yang besar dan makan tempat, tapi ini adalah Mini Projector, yahhh… sebutan ini memang cocok karena memang kecil ukuranya serta ringan di bawa kemana-mana. Mari kita sambut LG Minibeam Projector PH300.

LG Minibeam Projector merupakan projector mini yang telah memiliki resolusi layar HD (1280 x 720) dilengkapi dengan battery di dalamnya serta sound ( dolby sound ) sehingga Anda dapat menggunakan projector mini ini untuk dokumentasi, menonton film, dan lain sebagainya tanpa harus memikirkan colokan listrik serta speaker, namun waktunya terbatas gaes… menurut informasi yang tertulis di dus box serta website LG, battery dapat bertahan hingga 2,5 jam. Ok gak usah basa-basi lagi berikut spesifikasi lengkapnya.

Display Type DLP
Native Resolution HD ( 1280 x 720 )
Screen Size 20″ – 100″
Aspect Ratio 16:9 / 4:3
Brightness ( Lumens ) Up to 300 Lumens
Contrast Ratio 100,000:1
Digital Keystone Correction Auto Keystone ( Vertical )
Lamp Type LED RGB
Lamp Life Up to 30,000 hrs
Built-in Speakers 1W + 1W Stereo
Audio Out 1 (3.5mm)
HDMI 1(MHL)
USB 1(Type A)
Power Supply Adapter (100v – 240V @ 50-60 Hz)

Nah itu tadi spesifikasi lengkap dari LG Minibeam PH300, Selanjutnya kita lakukan Open the Box, isi dari paket LG Minibeam PH300 adalah

  1. Device LG Minibeam PH300
  2. HDMI Cable
  3. Manual Book
  4. Warranty Book
  5. Remote
  6. Charger

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut:

 

Sekarang waktunya untuk melihat-lihat devicenya, kesan pertama saat memegang projector ini adalah pas dan nyaman ketika dipegang atau dibawa dengan menggunakan satu tangan. Melihat dari segi desingnya menggunakan warna yang glossy membuat case mudah ternodai dengan tangan-tangan yang berminyak apalagi warna putih sangat kentara ketika ada bekas sentuhan tangan. Di bagian depan Terdapat lubang ventilasi yang telah dilengkapi dengan fan kecil untuk mendinginkan perangkat projector. Lensa pada LG Minibeam PH300 ini tidazk dilengkapi dengan pengaman ( penutup ) jadi hati-hati jika mau dimasukkan ke kantong atau tas ya.

 

Untuk konektivitas dari Projector ini menggunakan 2 metode inputan yaitu melalui Port HDMI untuk terhubung ke device dan USB port untuk terhubung ke media penyimpanan. Kedua port ini terletak di bagian belakang projector, di bagian belakang juga terdapat Switch On/Off, Port jack Audio 3.5” yang berguna untuk menghubungkan ke hearphone atau speaker aktif, Indikator battery, terdapat pula lubang speaker serta port Charger. Di bagian samping terdapat pengatur focus ( Adjust Focus ).

Untuk bagian atas terdapat tombol-tombol untuk navigasi seperti tombol power untuk menampilkan gambar atau mematikan, tombol panah sebagai tombol navigasi serta tombol “S” sebagai tombol yang berfungsi untuk mencari perangkat secara otomatis atau menampilkan menu. Tombol-tobol ini touchscreen dengan casenya menambah kesan mewah dari projector.

Bagian bawah Projector ini terdapat 4 kaki-kaki di bagian pojoknya, serta terdapat lubang di tengahnya yang berfungsi untuk memasang projector mini dengan tripod.

LG Minibeam Projector PH300 ini telah dilengkapi dengan Auto Keystone, Auto Keystone adalah mode koreksi otomatis yang disematkan pada proyektor, sehingga gambar yang ditampilkan tetap presisi tanpa harus setting secara manual, dan hal yang gak kalah penting adalah ketika kami mencoba LG Minibeam secara terbalik (180®), secara otomatis layarpun menyesuaikan dan gambarpun ikut menyusuaikan.

LG Minibeam Projector PH300 adalah tipe Projector yang menggunakan teknologi DLP ( Digital Light Processing yaitu menggunakan chip untuk mengolah warnanya. Kelebihan dari DLP adalah Pixel yang dihasilkan lebih rapat dibanding dengan teknologi LCD, sehingga gambar yang dihasilkan sangat lembut. Untuk lampu, LG menggunakan LED dan mengkalim dapat bertahan hingga 30.000 jam.

Saatnya melakukan pengujian, LG Minibeam PH300 ini memiliki lumens up to 300 Ansi Lumens, untuk kelas projector mini ini termasuk tinggi, dan setelah kami melakukan pengujian memang gambar yang dihasilkan jernih, dengan jarak 1-2 meter gambar masih jernih dan bagus, focuspun bekerja dengan sempurna, warna yang dihasilkan natural. Pengujian Audio yang ada pada LG Minibeam Projector kurang bagus untuk menonton film atau sinema, namun suara yang dihasilkan tidak mengecewakan, kami mengetesnya dengan volume 100% suara tetap bagus tanpa nyempreng atau pecah mungkin karena soundnya mengadopsi teknologi Dolby sound ya gaes. LG Minibeam PH300 mampu membaca dokumen Word, Excel, PDF, PPT. Kami melakukan beberapa test pembacaan Dokumen seperti Word, Excel, PDF dapat dengan sempurna ditampilkan oleh Projector mini ini.

Kami mencoba koneksi dengan computer berjalan dengan lancer via HDMI, kami pun mencoba koneksi dengan USB menggunakan Flashdisk juga berjalan dengan mulus, kami juga mencoba dengan media penyimpana external juga dapat terdeteksi dengan baik. Kami mencoba external berkapasitas 500 gb, namun kami mencoba media penyimpanan external 1 tb tidak dapat terdeteksi. Pada LG Minibeam ini mengklaim bahwa battery dapat bertahan hingga 2,5 jam, kami tester menggunakan film beresolusi HD 720p serta battery dalam keadaan full dan hasilnya bertahan 1,5 jam. Prediksi kami dapat bertahan 2,5 jam untuk presentasi bukan untuk pemutaran film ( Maybe J). Dalam test selama 1,5 jam tersebut tidak kami temukan panas yang berlebih pada projector ini.

Kesimpulan

  1. LG Minibeam PH300 memiliki resolusi HD (1280 x 720 ), Brightness: 300 ANSI Lumens dan menggunakan teknologi DLP membuat projector ini mampu menampilkan gambar dengan baik serta nyaman di mata.
  2. Jarak 2 Meter LG Minibeam PH300 masih mampu menampilkan gambar secara sempurna
  3. LG Minibeam PH300 dilengkapi dengan fiture Auto Keystone yang membuat kita tak perlu setting presisi layar secara manual. Dan ketika kita memasang LG Minibeam PH300 secara terbalikpun layar mengatur secara otomatis sehingga gambar tidak ikut terbalik.
  4. LG Minibeam PH300 dilengkapi speaker serta battery di dalamnya sehingga dapat digunakan untuk presentasi atau memutar film tanpa colokan listrik dan speaker. Hasil test battery bertahan hingga 1,5 jam saat memutar film hd 720p, jika untuk presentasi seharusnya lebih lama lagi.
  5. LG Minibeam PH300 dapat membaca file PDF, PPT, Excel, Word dengan sempurna dan jelas.
  6. LG Minibeam PH300 tidak panas saat digunakan, hasil tes memutar film hd selama 1,5 jam.
  7. LG Minibeam PH300 memiliki Audio internal namun untuk menonton film suara yang dihasilkan kurang, namun ada jack Audio untuk sambungan ke Speaker aktif.
  8. LG Minibeam PH300 menggunakan case yang glossy membuatnya mudah kotor ketika tersentuh.
  9. LG Minibeam PH300 tidak dilengkapi dengan penutup lensa, sehingga rawan untuk terkena kotora ketika masuk dalam tas atau ketika dibawa sehingga perlu perhatian khusus pada lensa.
  10. Untuk smartphone butuh kabel converter agar dapat terhubung ke LG Minibeam PH300 ini.

 

*Review By Andri DPJ

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas