Laptop Gaming ASUS ROG Zephyrus

Tahun ini, ASUS rupanya sedang gencar memperkenalkan produk-produk terbarunya khususnya yang mengandalkan kemampuan grafis tingkat tinggi. Salah satunya dirilis pada ajang Computex yang diselenggarakan di Taipei beberapa waktu...

314 0
314 0

Tahun ini, ASUS rupanya sedang gencar memperkenalkan produk-produk terbarunya khususnya yang mengandalkan kemampuan grafis tingkat tinggi. Salah satunya dirilis pada ajang Computex yang diselenggarakan di Taipei beberapa waktu lalu, yaitu seri notebook ROG (Republic of Gamers), atau ROG Zephyrus. Momen perilisan notebook terbaru ini secara khusus dibuka sendiri oleh sang chairman ASUS, Jonney Shih.

Beberapa waktu sebelum pengumuman bakal dirilisnya seri ini, sudah banyak orang yang menunggunya. Tentu saja sebagian besar dari kalangan gamers yang penasaran dan tak sabar ingin mengecek spesifikasinya. Kabarnya, ROG Zephyrus merupakan jenis laptop gaming dengan ukuran paling tipis di seantero jagad saat ini. Wajar jika banyak gamer yang selain penasaran pada spesifikasinya juga berminat untuk kebutuhan kenyamanan dan fleksibilitas.
Spesifikasi

Sebagai laptop khusus gaming, tentu yang paling menonjol adalah grafisnya. Nah, ROG Zephyrus menggunakan GTX 1080. Bisa dibayangkan betapa optimalnya olahan grafis yang ditampilka layar apalagi jika menggunakan konsep 3D. Hal itu pula yang diklaim bahwa ROG Zephyrus bakal bisa bersaing dengan seri CPU khusus gaming.

Tren pemakaian laptop untuk gaming semakin menguat karena lama kelamaan teknologi yang dikembangkan semakin memungkinkan untuk eksplorasi spesifikasi. ROG Zephyrus juga dikabarkan akan menjadi pesaing tangguh dari sejumlah CPU Gaming berspesifikasi tinggi. Mengusung konsep teknologi paling mutakhir, ROG Zephyrus dirancang dalam desain yang ergonomis dengan hardware dan sistem pengolahan grafis berkinerja maksimal. Kepuasan gamer bakal terbukti langsung dari operasional di notebook keren ini.

Satu keunggulan berikutnya dari ROG Zephyrus adalah pemakaian teknologi NVIDIA Max-Q. Teknologi itu akan membuat pengalaman main game jadi lebih nyaman karena terasa senyap tanpa ada gangguan kebisingan atau noise. Supaya mesin tetap dingin, pihak ASUS juga menggunakan teknologi ASUS Active Aerodynamic System. Hasilnya adalah peningkatan aliran udara sampai 30 persen. Tak perlu lagi mencemaskan risiko overheating pada laptop.

Ada yang sangat unik dari desain dan tata letak fitur ROG Zephyrus ini. Perhatikan pada bagian keyboard yang letaknya agak ke bawah dibandingkan dengan desain kebanyakan notebook. Di sebelahnya, touchpad pun bisa difungsikan sebagai sistem numerik. Di notebook ini juga disematkan lampu RGB yang bakal terlihat keren selama dinyalakan. Desain dan penempatan keyboard yang tak lazim itu kabarnya diklaim oleh perusahaan supaya sesuai dengan pengalaman main game dengan PC.

( sumber : anandtech )

Nah, kemampuan operasionalnya sangat mantap karena menggunakan prosesor Intel Core i7-7700HQ. Seperti yang sudah disebutkan tadi, kartu grafisnya memakai GTX 1080, dengan penyimpanan SSD 512 GB, dan RAM 24 GB. Sangat mantap sekali dan memang ideal untuk notebook yang khusus dipakai bermain game. Tentu saja bakal sebanding pula dengan operasional desain grafis. Ukuran layarnya sendiri sebesar 15,6 inchi dan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel 120 GHz.

Kepuasan bermain game dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ bersama seluruh komponen dalam ROG Zephyrus ini bakal memuaskan penggunanya. Dimaklumi juga karena ini adalah laptop seri gaming dengan kelas premium. Sehingga perusahaan pun tak main-main dalam menyematka setiap komponen di dalamnya.

Untuk harga resmi yang dibandrol, kabarnya mencapai 2.699 dollar atau kalau dirupiahkan bisa mencapai nilai sekitar 36 juta. Dari seluruh rangkaian spesifikasi tersebut tentu sangat bisa dimaklumi. Apalagi ROG Zephyrus adalah tipe terbaru yang didesain untuk bersanding dengan PC Gaming standar tinggi.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas