Pertolongan Pertama Ketika Koneksi Internet Putus (bag 2)

Dari sekian banyak permasalahan pada komputer anda, gangguan jaringan internet bisa menjadi salah satu yang terburuk dan menggalaukan. Walaupun komputer bisa melakukan banyak hal ketika dalam kondisi offline,...

303 0
303 0

Dari sekian banyak permasalahan pada komputer anda, gangguan jaringan internet bisa menjadi salah satu yang terburuk dan menggalaukan. Walaupun komputer bisa melakukan banyak hal ketika dalam kondisi offline, namun terputusnya dari jaringan Internet membuat kita lupa akan seluruh fungsi komputer selain berinternet. Ditambah lagi jika tidak adanya akses untuk mengkontak mbah gugel untuk meminta solusi akan permasalahan tersebut.

Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang membahas langkah dasar dalam mendiagnosis dan mengatasi permasalahan koneksi internet.

Pastikan IP Adress Koneksi Anda Sudah Benar

Tidak ada salahnya jika anda memastikan bahwa tidak ada setting IP adress yang aneh-aneh sehingga membuat koneksinya internetnya tidak bekerja. Untuk mengeceknya, ketik Network and Sharing Center pada Start Menu untuk membuka jendela software-nya. Pada sisi kanan, klik menu Connections, klik pada nama koneksi Wi-Fi atau ethernet/LAN. Pilih Properties kemudian dobel klik internet Protocol Version 4.

Jika anda sudah menyetel static IP, maka pastikan bahwa anda sudah memberi tanda cek pada Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically. Ulangi langkah tersebut pada internet Protocol Version 6 untuk memastikan bahwa semua juga berjalan secara otomatis.

Setelah anda melakukan langkah tersebut, maka perlu melakukan pengecekan apakah router akan memberikan IP address yang valid atau tidak. Caranya dengan membuka Command Prompt pada Start Menu dengan mengetik cmd pada Start Menu. Setelah itu ketik ipconfig pada Command Prompt dan perhatikan teks yang tertera di bawah Ethernet adapter (untuk koneksi kabel LAN) atau Wireless LAN Adapter (untuk koneksi Wi-Fi).

Jika IPv4 Address dimulai dengan 169.x.x.x maka komputer anda tidak menerima alamat IP yang valid dari routernya. Ketik 2 perintah pada command prompt untuk membetulkannya:

ipconfig /release

ipconfig /renew

Jika anda tetap memiliki IP address 169.x.x.x setelah mengetik perintah command prompt di atas dan mengecek ulang dengan ipconfig namun ternyata komputer anda masih belum menerima IP yang benar dari router. Coba koneksikan langsung komputer anda secara langsung menggunakan kabel Ethernet/LAN pada modem, jika ternyata bisa terkoneksi pada jaringan internet berarti masalahnya terletak pada router.

Gunakan Ping dan Ketahui Rute Koneksi

Jika alamat IP yang anda dapatkan dimulai dengan angka selain 169 ketika menjalankan perintah ipconfig, maka anda mendapatkan alamat IP yang valid dari router anda dan permasalahannya bisa dipastikan terletak pada koneksi antara router dengan internet.

Ketik perintah berikut pada Command Prompt untuk melakukan ping pada server DNS Google untuk melihat apakah anda bisa online. atau anda juga bisa menggantinya dengan www.msn.com atau yang lainnya.

ping 8.8.8.8

Perintah tersebut akan mengirim 4 paket data ke Google. Jika gagal terkirim, anda akan mendapatkan informasi mengenai letak permasalahannya. Untuk informasi lebih lanjut, ketika perintah berikut untuk mengikuti jejak rute antara komputer anda dengan server DNS Google.

tracert 8.8.8.8

Perintah tersebut akan menyajikan informasi secara detail mengenai tahap demi tahap perjalanan data hingga mencapai tujuan yang spesifik, dalam hal ini server DNS Google. Tinggal tonton saja urutan teks yang muncul, jika gagal maka cek dimana letak permasalahannya. Jika error muncul pada awal perjalanannya, maka permasalahannya terjadi pada jaringan internet lokal anda.

Kontak Operator ISP

Jika seluruh langkah sebelumnya sudah berhasil dilakukan, maka sudah bisa dipastikan bahwa tidak ada masalah pada perangkat pribadi, alamat IP adress dari router sudah benar, dan sudah bisa disimpulkan bahwa permasalahannya bukan pada kita namun terletak pada pihak eksternal. Jika demikian maka pilihan terakhir adalah mencari tahu apakah jaringan internet pada operator ISP sedang bermasalah dengan mengkontaknya melalui telepon atau sosial media.

Hanya Bisa Menunggu

Setelah mengkontak ISP dan mengkonfirmasi ternyata permasalahan terletak pada jaringan mereka, maka yang bisa dilakukan hanyalah menunggu hingga jaringan internet dari ISP kembali online. Banyak hal yang bisa dilakukan tanpa koneksi internet, diantaranya membersihkan komputer dari debu dan merapikan file-file yang ada dalam komputer, bisa juga anda membereskan dan membersihkan rumah atau ruangan anda, bahkan bisa juga tidur mengistirahatkan mata anda setelah berjam-jam online.

Langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas merupakan metode standar yang umum digunakan untuk mendiagnosis dan memperbaiki permasalahan koneksi internet walau masing-masing pengguna memiliki setelan perangkat berbeda-beda. Namun secara umum, me-restart semua perangkat, mengecek koneksi dari berbagai gadget, mengecek setting hardware maupun software, dan mengkontak ISP adalah pola yang pasti.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas