Pertolongan Pertama Ketika Koneksi Internet Putus (bag 1)

Dari sekian banyak permasalahan pada komputer anda, gangguan jaringan internet bisa menjadi salah satu yang terburuk dan menggalaukan. Walaupun komputer bisa melakukan banyak hal ketika dalam kondisi offline,...

261 0
261 0

Dari sekian banyak permasalahan pada komputer anda, gangguan jaringan internet bisa menjadi salah satu yang terburuk dan menggalaukan. Walaupun komputer bisa melakukan banyak hal ketika dalam kondisi offline, namun terputusnya dari jaringan Internet membuat kita lupa akan seluruh fungsi komputer selain berinternet. Ditambah lagi jika tidak adanya akses untuk mengkontak mbah gugel untuk meminta solusi akan permasalahan tersebut.

Dalam tulisan yang dibagi dalam 2 bagian ini akan dijabarkan tahap demi tahap jika muncul halaman kosong bertuliskan pesan tidak adanya koneksi internet pada browser. Walau kita semua sudah mengetahui berbagai langkah yang akan digunakan, namun tidak ada salahnya jika kita melakukannya dengan lebih urut agar lebih cepat teratasi.

Pastikan Jika Masalah Tersebut Ada Pada Komputer Kita

Terkadang yang membuat kita tidak bisa mengakses web tidak selalu matinya koneksi internet, bisa jadi ternyata kita salah ketik alamat web atau server alamat web tersebut memang sedang down. Gunakan IsUp.me untuk mengecek apakah website tersebut memang sedang down atau hanya koneksi internet kita saja yang down.

Restart Semuanya Dan Cek Melalui Perangkat Lainnya

Tidak perlu terlalu panik dan bingung jika memang ternyata koneksi internet kita yang ternyata putus. Gunakan cara klasik namun efektif, yaitu RESTART. Restart terbukti menyelesaikan banyak masalah yang berkaitan dengan komputer.

Restart PC dan juga modem serta router kita untuk membersihkan memori cache-nya, atau jika perlu matikan dulu selama 1-3 menit sebelum menyalakannya kembali. Cara ini bisa memastikan bahwa masalah tersebut bersifat sementara atau tidak. Walau terlihat remeh dan mudah namaun tidak ada salahnya mencoba restart terlebih dahulu yang hanya memakan waktu 1-3 menit daripada harus melakukan langkah lain yang lebih rumit dan memakan banyak waktu.

Setelah dilakukan restart, coba gunakan perangkat komputer atau gadget lain untuk berinternet. Jika ternyata perangkat lain juga tidak bisa konek maka permasalahan bisa terdapat pada perangkat jaringan atau operator ISP. Jangan lupa gunakan berbagai browser untuk memastikan bahwa masalah bukan terdapat pada browser.

Cek Sambungan Pada Kabel atau Perangkat Wi-Fi

Jika setelah restart masalah koneksi internet masih belum juga usai, maka pastikan mengecek fisik jaringan. Jika anda menggunakan kabel Ethernet untuk terkoneksi pada router, pastikan sambungannya benar dan tidak longgar. Jika menggunakan WiFi pada laptop maka pastikan tombol fisiknya ON atau lampu indikator WiFi-nya menyala. Jika menggunakan WiFi USB maka pastikan terpasang dengan benar pada slot USB.

Kemudian cek perangkat jaringan lainnya semisal router, apakah lampu indikator powernya menyala normal. Jika memang tidak menyala maka kemungkinan besar routernya rusak. Jika lampu indikator power menyala normal namun lampu indikator koneksi internetnya tidak menyala atau merah maka kemungkinan besar koneksi dari operator ISP-nya yang down.

Gunakan Aplikasi Troubleshooter Terintegrasi

Microsoft melengkapi Windows dengan fitur troubleshooter yang secara otomatis mempu mendiagnosis dan membetulkan permasalahan koneksi internet, tentu saja yang berkitan dengan software dalam komputer kita. Untuk menjalankan troubleshooter tersebut klik kanan pada ikon network pada taskbar pojok kanan dan pilih Troubleshoot Problem. Setelah troubleshooter mulai melakukan proses deteksi dan perbaikan, maka Windows akan akan melaporkan perbaikan atau tidak ditemukannya permasalahan.

Jika troubleshooter menemukan masalah yang sudah berhasil diatasi, maka coba sambungkan lagi koneksinya. Jika troubleshooter berhasil mendeteksi permasalahan dan memberikan detailnya namun tidak bisa menyelesaikannya secara otomatis, maka bisa menjadi modal bagi kita untuk mengatasinya dengan cara lain.

Langkah diatas merupakan cara yang mudah dan mendasar dalam mendiagnosis dan mengatasi permasalahan putusnya koneksi internet. Pada bagian dua akan dibahas langkah tahap selanjutnya jika cara diatas masih belum bisa memberikan solusi.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas