Kalibrasi Monitor Dengan Cepat dan Mudah

Kita sudah sangat sering memandang dan berinteraksi dengan layar monitor komputer, namun sering tidak kita sadari bahwa bisa jadi warna yang diproduksi oleh layar monitor tidak akurat dan...

137 0
137 0

Kita sudah sangat sering memandang dan berinteraksi dengan layar monitor komputer, namun sering tidak kita sadari bahwa bisa jadi warna yang diproduksi oleh layar monitor tidak akurat dan meleset. Padahal reproduksi warna yang tepat sangat krusial bagi produktivitas kita di depan komputer khususnya kreasi desain grafis maupun video. Untuk mengoreksi warna yang ditampilkan oleh layar monitor kita perlu adanya proses kalibrasi warna. Kalibrasi warna yang tepat juga akan membaut mata kita tidak cepat lelah di depan layar komputer.

Metode kalibrasi monitor sendiri ada banyak. Banyak tools dan software untuk mempermudah proses kalibrasi, bahkan ada juga kalibrator berupa hardware untuk mendapatkan hasil semaksimal dan seakurat mungkin.

Pada artikel ini kami akan membagi tips paling mudah dan simpel untuk mengkalibrasi komputer anda. Tanpa perlu mendownload atau membeli software dan tanpa perlu membeli hardware kalibrator. Memang hasilnya tidak sebaik kalibrasi level hardware, namun setidaknya sudah cukup bagus bagi sebagian besar pengguna.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan proses kalibrasi

  • Monitor sudah dalam kondisi menyala kurang lebih setengah jam sebelum proses kalibrasi dimulai sehingga layar monitor sudah mencapai kondisi dan temperatur normal.
  • Setel resolusi monitor dalam kondisi default sesuai spesifikasinya.
  •  Pastikan monitor diklaibrasikan pada kondisi pencahayaan ruangan yang cukup, tidak perlu terlalu gelap dan jangan terlalu terang serta jangan tersorot cahaya langsung.
  • Biasakan diri anda dengan berbagai kontrol setelan monitor anda. Bisa terdapat pada bodi monitor, atau keyboard dan di dalam sistem operasinya.

Kalibrasi dengan tool bawaan sistem operasi Windows anda

Microsoft menyertakan fitur kalibrasi bawaan yang bisa membantu kita melakukan proses kalibrasi tahap demi tahap. Sistem kalibrasi monitor ini sangat mudah dan sederhana, namun cukup berguna. Sayangnya fitur-fitur kalubrasinya masih terbatas dan seadanya.

Pada kalibrasi bawaan ini akan diperkenalkan istilah gamma, white point, dsb yang tampak asing pada awalnya. Namun dilengkapi penjelasan-penjelasan singkat serta mudah untuk memahaminya.

Pada Windows 10, tool kalibrator bisa ditemukan pada app Settings. Klik pada pilihan System pada menu Settings tersebut, lalu pilih menu Display. Kemudian klik Advanced Display Settings, setelah itu klik Color Calibration pada bagian bawah.

Pada versi Windows sebelumnya fitur Color Calibration dapat ditemukan pada bagian Display pada Control Panel yang tercantum pada Appearance and Personalization. Bisa juga gunakan cara cepat dengan Windows Search, gunakan kata kunci Color Calibration.

Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan pada jendela software kalibrasi tersebut. Anda akan dipandu muali dari pengaturan gamma, brightness, contrast, dan color balance. Aplikasi tersebut akan membantu anda dengan menampilkan gambar contoh untuk membandingkan berbagai setelan. Setelah melalui berbagai tahap kalibrasi tersebut pilih “current calibration” atau bisa juga mengembalikannya pada kondisi sebelumnya jika dirasa kurang cocok dengan hasilnya.

Kalibrasi Online Berbasis Web

Jika dirasa kurang puas dengan kalibrator bawaan sistem oeprasi Windows anda. Terdapat berbagai pilihan tool kalibrasi online berbasis website yang bisa membantu anda menyetel monitor secara manual. Proses ini memiliki proses yang manual dan pilihan kontrol yang lebih banyak.

  • Photo Friday: Photo Friday adalah website sederhana yang didesain untuk membantu kalibrasi monitor dari sisi brightness dan contrast. Anda cukup mengatur setelan monitor hingga transisi warna hitam ke putih bisa terlihat dengan jelas pada layar monitor.
  • Online Monitor TestWebsite ini merupakan salah satu tool kalibrasi online yang cukup bagus. Langkah-langkah kalibrasinya cukup interaktif dan memudahkan anda untuk mengkalibrasi warna dan mengetahui apakah monitor anda sanggup memproduksi gradien warna dengan halus. Website ini juga dilengkapi tool untuk mengetahui secara pasti lokasi pixel monitor yang rusak dan backlight yang tidak beres. Website ini sendiri sayangnya masih berbasis flash.
  • Lagom LCD Monitor Test: Lagom LCD Monitor Test merupakan tool yang mudah dioperasikan baik online maupun offline. Website ini tidak hanya memungkinkan untuk mengatur kontras dan waktu respon saja, namun juga memungkinkan unuk mendownloadgambar kalibrasi berupa file zip sebesar 120KB. Sehingga kita bisa mengecek monitor dimanapun dan kapanpun tanpa harus terkoneksi internet.

Kalibrasi layar monitor komputer bukanlah hal yang rumit dan sulit dilakukan dan sangat bermanfaat bagi anda yang beraktifitas di depan komputer. Selain faktor akurasi tampilan warna dan mengurangi resiko mata lelah, kalibrasi monitor juga mambantu anda memastiakn bahwa hasil cetakan print semirip mungkin dengan tampilan pada layar monitor.

Sumber

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas