Modem Intel Pada Iphone 7 Lebih Lambat Dibanding Versi Modem Qualcomm

Pada generasi Iphone 7 ini Apple mengadopsi dua tipe modem, yaitu Intel dan Qualcomm. Apple mengubah strategi sebelumnya yang menggunakan satu jenis modem saja dari Qualcomm, dengan demikian tidak...

819 0
819 0

Pada generasi Iphone 7 ini Apple mengadopsi dua tipe modem, yaitu Intel dan Qualcomm. Apple mengubah strategi sebelumnya yang menggunakan satu jenis modem saja dari Qualcomm, dengan demikian tidak ada lagi monopoli supplier sparepart modem.

Iphone 7 model A1778 dan A1784 menggunakan modem GSM Intel XMM7360 sementara model A1660 dan A1661 menggunakan modem Qualcomm MDM9645M yang kompatibel dengan GSM dan CDMA sekaligus. Namun ada beberapa kasus dimana versi modem GSM Intel kompatibilitasnya terhadap jaringan operator seluler GSM tidak sebanyak modem Qualcomm.

Dalam hal performa pun terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara modem Intel dengan Qualcomm. Sebuah pengujian independen yang dilakukan oleh Cellular Insights menunjukkan bahwa modem Qualcomm MDM9645M memiliki performa yang jauh lebih unggul dibanding Intel XMM7360 pada sebagian besar jenis pengujian.

Tim dari Cellular Insights menggunakan berbagai instrumentasi pengujian diantaranya sebuah R&S TS7124 RF Shielded Box, dua buah R&S CMW500, sebuah kontroler R&S CMWC, serta 4 buah antena Vivaldi. Mereka merangkai instrumentasi tersebut untuk melakukan simulasi kemampuan jaringan LTE pada berbagai jarak dan kekuatan sinyal dari BTS seluler menggunakan dua buah iPhone 7 Plus dengan varian berbeda, satu dengan modem Intel dan satunya lagi menggunakan modem Qualcomm.

Tim penguji independen tersebut menguji pada 3 jenis jaringan LTE Band yang berbeda diantaranya Band 12, Band 4 yang umum digunakan di Amerika Utara, dan Band 7. Pada 3 pengujian tersebut  kedua varian Iphone 7 Plus memberikan performa yang sama pada kondisi ideal, namun ketika level daya sinyal diturunkan maka tim Cellular Insights menemukan penurunan performa signifikan pada modem Intel yang maaih misterius. Dengen selisih 30% lebih rendah dibanding modem Qualcomm. Pada grafik kecepatan jaringan LTE tampak bahwa modem Qualcomm secara konsisten selalu melampaui kecepatan throughput modem Intel secara signifikan ketika kekuatan sinyal semakin diturunkan.

Pihak Cellular Insights sendiri menyimpulkan bahwa modem Qualcomm memiliki performa yang jauh lebih baik dibanding Intel pada area-area yang memiliki kekuatan sinyal yang lemah atau naik turun.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas