Internal Dan Eksternal Harddrive Berkapasitas Terbesar Di Dunia Dari Seagate

Seagate menjadi salah satu brand yang belakang ini lumayan agresif dalam hal inovasi untuk peluncuran produk-produk barunya. Lebih tepat untuk produk segmen enterprise. Beberapa waktu lalu saja, Seagate...

58 0
58 0

Seagate menjadi salah satu brand yang belakang ini lumayan agresif dalam hal inovasi untuk peluncuran produk-produk barunya. Lebih tepat untuk produk segmen enterprise. Beberapa waktu lalu saja, Seagate secara diam-diam telah menambahkan 2 varian HDD pada level produk Enterprise Capacity, yaitu HDD 2,5″ dan 3,5″ dan dirancang khusus untuk menyasar segmen yang memerlukan kehandalan yang tinggi.

Pada dasarnya harddrive atau hard disk berfungsi sebagai media penyimpanan. Hampir semua file atau dokumen yang di komputer atau laptop tersimpan dengan rapi di dalam sebuah hard disk. Bahkan sistem operasi komputer juga disimpan di dalam sebuah harddrive komputer anda. Namun, coba bayangkan apa yang akan terjadi saat anda kehilangan semua file dokumen karena harddrive anda rusak? Alasan inilah yang membuat banyak orang menggunakan sistem pencadangan dengan memiliki harddrive lain untuk menyalin file dan dokumen.

Kapasitas harddrive yang dibutuhkan sebuah komputer sangat bervariasi, mulai dari yang berkapasitas besar hingga yang terkecil. Semuanya disesuaikan dengan ukuran file yang anda masukkan ke dalamnya. Hard diks akan mengukur file yang tersimpan berdasarkan megabyte, gigabyte, dan terabyte (MB, GB, TB). Hardrive internal dan eksternal pada dasarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan, hanya saja perbedaan tersebut akan terlihat jelas saat terdapat file dan aplikasi dengan ukuran yang lebih besar. Salah satu yang terpenting di dalam sebuah perangkat komputer ialah internal harddrive. Internal harddrive dengan kapasitas besar memungkinkan para user untuk menggunakan dan menyimpan berbagai file dan dokumen dalam sebuah perangkat komputer dalam ukuran yang besar pula. Untuk mengambil atau menghadirkan data yang tersimpan pada harddrive, akan dibutuhkan sebuah sambungan standar dengan kecepatan tinggi untuk proses transfer file ke harddrive internal.

Backup Plus Portable Drive 5 TB Dengan Seagate BarraCuda 2,5″ 4/5 TB

Salah satu pemain utama dalam industri hard disk atau harddrive ialah Seagate. Produsen hard disk ini telah merilis hard disk portabel eksternal dengan kapisitas terbesar di dunia, yaitu Backup Plus Portable Drive 5 TB. Harddrive portabel yang berbasis Seagate BarraCuda 2,5″ ini telah diluncurkan beberapa lalu dan menjadi hard disk portabel berkapasitas terbesar pada levelnya. Harddrive ini juga dilengkapi dengan teknologi piringan Shingled Magnetic Recording (SMR) serta Multi-Tier Caching (MTC). Seagate Backup Plus Portable Drive 4/5 TB adalah bagian turunan dari Seagate BarraCuda 2.5” 4/5 TB yang diluncurkan pada bulan lalu.

Dengan kata lain, sistem dan fitur yang terdapat pada Seagate Backup Plus Portable Drive 4/5 TB juga terdapat pada harddrive BarraCuda 2,5″, misalnya seperti adanya fitur piringan 1 TB SMR pada putaran 5400 RPM dengan kapasitas memori cache sebesar 128 MB. Selain itu, terdapat pula fitur MTC yang berfungsi untuk menjaga performa kecepatan baca-tulis data pada harddrive SMR. Untuk saat ini, Backup Plus Portable Drive 5 TB merupakan sebuah harddrive eksternal 2,5″ berkapasitas terbesar di dunia. Anda bisa mendapatkan produk harddrive Enterprise Capacity ini dengan harga bandrol yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 190 USD.

Enterprise Capacity 3,5 HDD Berbasis PMR

Seagate merilis dua varian HDD Enterprise Capacity model 1TB dan 2 TB. Khusus untuk HDD 3,5’’, Seagate merancangnya dengan kapasitas 1 hingga 6 TB data. Dengan dukungan teknologi piringan PMR, Seagate HDD 3,5’’ mempunyai ukuran block 512 byte dengan kecepatan putaran spindle sekitar 7200 RPM. Selain itu, terdapat pula memori cache sebesar 128 MB dengan antarmuka SATA 6 Gbps.

Seagate bahkan mengklaim jika HDD ini mempunyai performa transfer data maksimal sekitar194 MB/s, dengan latency 4,16 milidetik serta konsumsi daya hingga 7 Watt. Seagate Enterprise Capacity 3,5’’ HDD dirancang untuk beroperasi selama 24/7 non-stop. Harga bandrol produk Enterprise Capacity ini pastinya berada di level harga di bawah model kapasitas di atasnya, tidak dengan level harga desktop HDD.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas