Sebagian Tipe CPU Intel Memiliki Potensi DiHack Via USB 3.0

Sebagian PC terkini berbasis sebagian tipe prosesor Intel Skylake dan Kaby Lake cukup rentan terhadap exploit USB debugging. Peneliti keamanan komputer pekan lalu mulai membahas isu tersebut. Celah...

228 0
228 0

Sebagian PC terkini berbasis sebagian tipe prosesor Intel Skylake dan Kaby Lake cukup rentan terhadap exploit USB debugging. Peneliti keamanan komputer pekan lalu mulai membahas isu tersebut. Celah keamanan tersebut memungkinkan hacker untuk melewati mekanisme keamanan dan menjalankan kode berbahaya melalui antarmuka USB debugging.

Celah keamanan ini khususnya terdapat pada Intel Core seri U generasi Skylake dan Kaby Lake yang biasa digunakan pada laptop ultra tipis semisal ASUS Zenbook atau ASUS seri X. Kerentanan ini bahkan memungkinkan hacker untuk mampu memprogram ulang BIOS PC hanya dengan USB 3.0 yang mendukung fitur debugging, sebagaimana yang dinyatakan oleh peneliti dari Positive Technologies (via kitguru).

Sebelum muncul prosesor Intel generasi Skylake, debugging dilakukan melalui port khusus pada motherboard yang tidak mudah diakses. Namun setelah Intel beralih menggunakan teknologi Direct Connect Interface yang memungkinkan untuk mengakses antarmuka debugging JTAG melalui port USB 3.0, maka ada satu port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk mengakses JTAG. Kelemahan ini memang tidak begitu berpengaruh pada pengguna PC pribadi, namun bisa menjadi masalah besar bagi server, datacenter, atau instansi besar baik pemerintahan maupun perusahaan.

Celah keamanan dapat digunakan pada sistem operasi apapun, tidak terikat pada sistem operasi tertentu. Hacker bisa mengakses sistem komputer berbasis Windows, Mac, bahkan Linux sekalipun. Untungnya Intel segera merespon isu tersebut dan diharapkan akan segera menyelesaikannya.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas