Intel Roadmap 2017-2018 Mengungkap Prosesor 6 Core Untuk Notebook

Slide terbaru Intel roadmap 2016-2018 yang sudah terungkap menjelaskan secara detail prosesor generasi baru yang akan mereka rilis. Pada slide tersebut digambarkan secara jelas prosesor Kaby Lake, Coffee...

672 1
672 1

Slide terbaru Intel roadmap 2016-2018 yang sudah terungkap menjelaskan secara detail prosesor generasi baru yang akan mereka rilis. Pada slide tersebut digambarkan secara jelas prosesor Kaby Lake, Coffee Lake dan Canon Lake.

Intel belakangan ini dikabarkan mengalami kendala pada pengembangan teknologi fabrikasi semikonduktor mereka yang membuat Intel harus menunda produksi teknologi prosesor generasi barunya. Hingga saat ini intel tertahan pada proses fabrikasi 14 nm yang sudah berjalan selama hampir 3 tahun, padahal sebelumnya Intel berhasil merampingkan teknologi transistor tiap jangka waktu 2 tahun.

Kendala tersebut membuat Intel megubah strateginya dari Tick-Tock (2 tahun) menjadi Process-Architecture-Optimization atau PAO (3-4 tahun). Namun sisi positifnya, Intel bisa melakukan optimasi dan peningkatan lebih jauh lagi dengan teknologi fabrikasi yang ada saat ini dibanding harus ngebut dengan strategi tick-tock sebelumnya.

Intel menawarkan 4 generasi produk prosesornya yang berbasis 14 nm, diantaranya Broadwell, Skylake, Kaby Lake yang sebentar lagi keluar, dan Coffee Lake yang akan rilis pada 2017. Walau sama-sama berbasis 14 nm, namun Intel tetap menghadirkan peningkatan dan kemajuan pada proses produksi dan arsitekturnya.

Kaby Lake 2017-2018

Intel Kaby Lake menggunakan basis produksi 14 nm. Prosesor ini merupakan penyempurnaan dan perbaikan dari teknologi Skylake sehingga memiliki DNA yang sama seperti Skylake. Kaby Lake Y (Core M) merupakan prosesor berdaya sangat rendah hanya 4.5 Watt dengan chip grafik intel GT2. Kaby Lake U merupakan prosesor dengan varian konsumsi daya 15 Watt dan 28 Watt dengan chip grafik GT3e yang memiliki eDRAM terintegrasi.

Kaby Lake H didesain untuk laptop high-end dengan performa tinggi dan didesain dengan konsumsi daya 45 Watt dengan chip grafik setara versi U namun memiliki performa prosesor sangat tinggi jauh melebihi versi U.

Cannonlake 2017-2018

Prosesor Cannonlake akan menjadi arsitektur prosesor pertama Intel yang didesain untuk fabrikasi 10 nm. Direncanakan akan dipasarkan pada kuartal ke-4 2017 yang pada awalnya ditujukan untuk platform komputer daya rendah. Canonlake seri Y akan menggunakan daya 5.2 Watt, yang justru meningkat dibanding versi 14 nm. Cannonlake seri U akan menggunakan daya 15 Watt.

Cannonlake seri U dan Y sendiri akan berupa SOC (Silicon on a Chip) dengan PCH (Platform Controller Hub) terintegrasi pada chip prosesor, tidak seperti sebelumnya yang unit PCH-nya berupa chip terpisah. Chip grafik terintegrasinya sendiri tetap menggunakan desain Intel GT2 dengan arsitektur yang diupdate sehingga frekuensi dan performa grafisnya juga meningkat.

Coffee Lake 2018

Coffee Lake akan menjadi produk transisi yang dirancang Intel untuk mengkompensasi kapasitas produksi 10 nm yang masih terbatas. Coffee Lake hanya akan diproduksi berupa versi U dan H yang akan mulai tersedia di pasaran pada kuartal ke-2 2018. Coffee Lake versi U didesain quadcore dengan chip grafik GT3e dan versi H akan memiliki jumlah core hingga 6 unit (hexacore).

Ini akan menjadi pertama kalinya Intel menambahkan jumlah core pada segmen prosesor mobile-nya. Coffee Lake seri H sendiri memiliki model hingga 6 core dengan konsumsi daya 45 Watt dengan chip grafik GT2. Kemungkinan besar penambahan core ini juga akan diberlakukan oleh Intel pada keluarga prosesor desktop versi mainstream.

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. Intel Akan Membenamkan Fitur USB 3.1 dan WiFi Pada Cannonlake Yang Akan Rilis Akhir 2017 - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] akhir 2017. Sebuah laporan dari Digitimes menyebutkan bahwa Intel menjadwalkan peluncuran prosesor Cannonlake dan chipset seri 300 pada akhir 2017. Prosesor tersebut akan dibangun pada teknologi fabrikasi […]


Lewat ke baris perkakas