Intel Mulai Membangun Fab 42 Untuk Memproduksi Chip 7 Nanometer

Intel menginvestasikan dana sebesar 7 Milyar USD untuk membangun pabrik semikonduktor di Arizona, Amerika Serikat, untuk memproduksi chip pada proses 7 nanometer. Fasilitas ini diberi nama Fab 42...

301 0
301 0

Intel menginvestasikan dana sebesar 7 Milyar USD untuk membangun pabrik semikonduktor di Arizona, Amerika Serikat, untuk memproduksi chip pada proses 7 nanometer. Fasilitas ini diberi nama Fab 42 yang nantinya diperkirakan akan menjadi pabrik semikonduktor paling mutakhir di dunia. Pembangunan tersebut akan memakan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya. Fasilitas produksi tersebut tersebut diperkirakan akan memperkerjakan lebih dari 3000 tenaga ahli.

Hingga saat ini transisi Intel ke 10 nm masih ditunggu-tunggu kehadirannya yang direncanakan akan diimplementasikan pada arsitektur Cannonlake pada 2018. Memang tidak mudah bagi Intel untuk mengimplementasikannya, bahkan Intel menundanya hingga setahun dan memperkenalkan produk generasi ketiga prosesor 14 nanometer yaitu Kaby Lake untuk mengisi kekosongan dalam masa transisi tersebut. Bahkan Intel akan merilis generasi keempat prosesor berbasis 14 nanometer yaitu Coffee Lake akhir tahun ini.

Setelah Cannonlake 10nm, maka selanjutnya Intel akan merilis Icelake (arsitektur baru) lalu kemudian Tigerlake (Optimasi) sebagai bagian dari tahapan 3 langkah Process-Architecture-Optimization yang menggantikan Tick-Tock. Sedangkan proses 7 nanometer masih cukup jauh bagi Intel dan masih belum diumumkan kode namanya. Intel juga merencanakan prosesor 7 nanometer akan menekankan teknologi kecerdasan buatan pada datacenter dan komputer.

Intel sudah memiliki rencana jangka panjang melampaui 7 nanometer, bahkan hingga 10 tahun ke depan. Carbon nanotube, Graphene, dan berbagai material baru lainnya bisa menggantikan silikon jika mencapai batasnya. Namun setidaknya hingga saat ini pola Moore’s Law masih bertahan sebagai parameter kemajuan industri semikonduktor.

Sumber 1 / Sumber 2

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas