Intel Merilis Spesifikasi SSD Intel Optane

SSD Intel Optane yang akan rilis diharapkan akan menjadi gebrakan yang sangat luar biasa dalam bidang media simpan data dan detail mengenai produk ini masih belum banyak diketahui publik....

350 0
350 0

SSD Intel Optane yang akan rilis diharapkan akan menjadi gebrakan yang sangat luar biasa dalam bidang media simpan data dan detail mengenai produk ini masih belum banyak diketahui publik. Saat ini Intel mulai mengungkap beberapa detail terkait SSD Intel Optane

Intel Optane sendiri merupakan program pengembangan teknologi chip SSD jenis baru hasil kolaborasi antara Intel dengan Micron. Intel Optane P4800X adalah SSD berkapasitas 375 GB yang akan menghasilkan kecepatan read/write sangat luar biasa cepat. Bicara angka, maka kecepatan SSD P4800X ini akan mencapai 2400 MB/s read dan 2000 MB/s write. Performa tersebut tidak terpaut jauh melampaui SSD Samsung 960 Pro.

Hingga saat ini informasi-informasi krusial lainnya dari Intel Optane SSD masih belum diketahui namun Intel menjanjikan performa ideal ketika nilai Queue depth adalah 1. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui dan Intel akan mempublikasikan hal tersebut. Untuk menjadi perangkat simpan data yang sangat baik, maka harus menghasilkan performa yang baik pada kondisi Queue depth tinggi atau rendah. Kapabilitas tersebut adalah suatu hal yang masih sangat langka bahkan hingga saat ini masih belum ditemukan pada sistem high-end sekalipun.

Sejauh ini Intel Optane adalah SSD yang tergolong bagus dan memiliki potensi yang besar, namun tentu saja perlu dilihat respon pasar nantinya khususnya kalangan industri data center dan server mengingat SSD berteknologi baru ini akan awalnya dibanderol pada harga diatas harga standar produk kelas konsumen.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas