CPU Intel “Lake Crest” Nantinya Akan Menghasilkan Performa Hingga 100x Lipat Dengan Teknologi Deep Neural Network

Intel menyatakan bahwa mereka merencanakan akan mengakhiri dekade ini dengan meluncurkan lini CPU Lake Crest yang akan menghasilkan performa 100x lipat lebih baik dan menggunakan inovasi teknologi baru....

213 0
213 0

Intel menyatakan bahwa mereka merencanakan akan mengakhiri dekade ini dengan meluncurkan lini CPU Lake Crest yang akan menghasilkan performa 100x lipat lebih baik dan menggunakan inovasi teknologi baru. Raksasa chip semikonduktor tersebut berkoar-koar akan menggoyang pasar enterprise dan mainstream dengan asitektur prosesor Lake Crest generasi terbaru.

Pada event CES 2017 lalu AMD mengumumkan rencana pengembangan teknologi CPU dan GPU-nya. Dengan demikian maka AMD akan mendominasi pasar CPU dengan prosesor Ryzen-nya yang menawarkan fitur dan teknologi terbaru yang mana CPU Intel masih belum memilikinya saat ini. Namun tentu saja Intel tidak tinggal diam dengan mempersiapkan arsitektur CPU yang menitikberatkan pada teknologi jaringan saraf buatan yang disebut Lake Crest.

Arsitektur Intel Lake Crest generasi masa depan tersebut nantinya akan dirancang dengan konsep DNN (Deep Neural Network), sehingga juga akan berkompetisi dengan sistem berbasis GPU yang ditawarkan NVIDIA dan AMD.

Lake Crest sendiri merupakan hasil kerjasama antara Intel dengan Nervana, sebuah perusahaan startup yang bergerak dalam bidang deep learning yang diakuisisi Intel senilai hampir 5 Trilyun Rupiah pada tahun lalu. VP Intel bagian grup Datacenter, Naveen Rao, menjelaskan bahwa pihak Intel telah merancang hardware berteknologi Nervana yang dikhususkan untuk kinerja deep learning dimana sering menggunakan operasi multiplikasi matriks dan konvolusi.

Pada aspek spesifikasi, Intel lake Crest akan dilengkapi dengan tiga fitur baru yang tidak terdapat pada generasi CPU saat ini. Intel akan menggunakan jaringan khusus antar-chip pada Lake Crest yang diklaim akan mampu menghasilkan bandwidth hingga 20x lipat PCIe. Lake Crest akan dilengkapi memori HBM2 berkapasitas 32GB dengan bandwidth memori hingga 8 Tbps pada seluruh CPU. Dan yang terakhir adalah arsitektur “Flexpoint” terbaru dari Intel yang akan ditanamkan di dalam klaster arithmetic unit pada CPU Lake Crest nantinya. teknologi Flexpoint tersebut akan memungkinkan kemampuan operasi aritmatika pada prosesor Lake Crest hingga 10x lipat. Nantinya Intel juga akan menawarkan desain MCM (Multi Chip Module) pada Lake Crest.

Sumber

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas