Intel Mempersiapkan Prosesor Core i3 Kaby Lake Versi Overclockable

Intel sedang mempersiapkan CPU overclocking kelas bawah berbasis keluarga arsitektur Kaby Lake. Selama ini Intel hanya merilis versi overclocking pada Core i5 dan i7 saja, bocoran terbaru mengindikasikan...

381 0
381 0

Intel sedang mempersiapkan CPU overclocking kelas bawah berbasis keluarga arsitektur Kaby Lake. Selama ini Intel hanya merilis versi overclocking pada Core i5 dan i7 saja, bocoran terbaru mengindikasikan bahwa Intel juga akan menawarkan sebuah produk prosesor Core i3 versi-K.

Prosesor yang diberi tipe Core i3-7350K tersebut cukup menarik karena akan mempopulerkan overclocking ke segmen mainstream. Sebelumnya Intel tidak memasukkan teknologi dan dukungan overcloking pada versi i3 namun karena desakan dan permintaan yang terus meningkat maka raksasa chip semikonduktor tersebut mempertimbangakn untuk merilisnya. Intel Core i3 sendiri merupakan prosesor seri Core terbawah dan di atas seri Pentium.

Intel Core i3-7350K sendiri menggunakan konfigurasi standar dual core dengan 4 thread dan memiliki frekuensi 4 GHz dengan boost hingga 4,2 GHz, dengan memori cache L3 sebesar 4 MB dan dalam kondisi frekuensi unlocked atau tidak terkunci. Prosesor ini juga menjadi satu-satunya versi K dari Core i3 Kaby Lake. Frekuensi yang tinggi dan unlockable menjadikan i3-7350K membutuhkan konsumsi daya yang tinggi hingga 91 Watt, setara dengan varian K core i5 dan i7 Kaby Lake lainnya. Banderolnya sendiri diperkirakan pada kisaran 180 USD, tertinggi diantara varian i3 namun tidak mencapai harga i5.

Varian unlocked Core i3 sangat menarik bagi konsumen dan menjadikannya prosesor Intel dengan kemampuan overclock dengan harga yang sangat terjangkau, hanya di bawah 200 USD. Prosesor ini akan menjadi solusi bagi yang tidak menjangkau Core i5-7600K. Intel Core i3-7350K akan dirilis bersama dengan keluarga prosesor desktop Kaby Lake lainnya pada CES 2017 besok.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas