Intel Akan Membenamkan Fitur USB 3.1 dan WiFi Pada Cannonlake Yang Akan Rilis Akhir 2017

Intel dikabarkan akan merilis prosesor Core generasi ke-8 Cannonlake pada akhir 2017. Sebuah laporan dari Digitimes menyebutkan bahwa Intel menjadwalkan peluncuran prosesor Cannonlake dan chipset seri 300 pada...

598 0
598 0

Intel dikabarkan akan merilis prosesor Core generasi ke-8 Cannonlake pada akhir 2017. Sebuah laporan dari Digitimes menyebutkan bahwa Intel menjadwalkan peluncuran prosesor Cannonlake dan chipset seri 300 pada akhir 2017. Prosesor tersebut akan dibangun pada teknologi fabrikasi terbaru yang dikombinasikan dengan arsitektur GPU dan CPU terbaru yang ditingkatkan performanya.

Chipset Intel seri 300 sendiri akan dilengkapi dengan fungsi USB 3.1 dan WiFi yang terintegrasi yang menjadikan Intel tidak lagi tergantung pada suplier kontroler USB 3.1 dan chip WiFi dari pihak ketiga. Rencana Intel ini akan mengancam berbagai produsen chip semisal Broadcom, Realtek dan ASMedia yang selama ini menyuplai chip WiFi dan kontroler USB.

Sisi positif dari kebijakan yang diambil Intel ini memungkinkan raksasa chip semikonduktor tersebut untuk menstandardisasi teknologi tersebut pada platformnya. Masih belum diketahui soket yang digunakan pada platform chipset Intel seri 300, namun karena masih merupakan turunan dari Skylake maka kemungkinan besar masih akan menggunakan soket LGA 1151.

Prosesor Intel Cannonlake akan dibangun pada proses fabrikasi 10nm terbaru yang mampu menghasilkan peningkatan performa dan efisiensi. Proses fabrikasi terbaru tersebut setidaknya memungkinkan prosesor untuk berjalan pada frekuensi yang lebih tinggi lagi dengan tanpa meningkatkan konsumsi daya. Walau Cannonlake dikategorikan sebagai turunan dari Skylake dan Kaby Lake, namun diharapkan ada perbaruan arsitektur untuk meningkatkan IPC (Instruksi Per Core).

Masih terlalu jauh untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai rencana Intel untuk Cannonlake karena Kaby Lake sendiri baru akan dirilis pada awal 2017, sedangkan Cannonlake masih setahun lagi setelahnya. Motherboard chipset Intel seri 300 terlihat menjanjikan bagi para konsumen karena fitur-fitur tambahannya. Untuk saat ini kita masih menunggu prosesor Intel core generasi ke-7 Kaby Lake dan motherboard berchipset Intel seri 200.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas