Hilangkan Semua Iklan Dalam Windows 10 Anda

Windows 10 memiliki banyak iklan yang terintegrasi di dalamnya sehingga bisa dibilang bukan murni upgrade gratisan, karena timbal baliknya adalah munculnya iklan dari Microsoft secara default. Bahkan bila...

662 2
662 2

Windows 10 memiliki banyak iklan yang terintegrasi di dalamnya sehingga bisa dibilang bukan murni upgrade gratisan, karena timbal baliknya adalah munculnya iklan dari Microsoft secara default. Bahkan bila anda membeli komputer baru yang terinstal windows 10 resmi atau membeli Windows 10 Pro seharga 2 jutaan sekalipun tetap akan anda temukan iklan di dalam sistem operasi tersebut. Namun untungnya Microsoft memberikan pilihan untuk menon-aktifkan berbagai fitur iklan tersebut.

Matikan Iklan Pada Layar Pengunci

Windows 10 menampilkan iklan pada layar pengunci (lock screen) melalui Windows Spotlight. Terkadang Windows Spotlight menampilkan wallpaper keren, namun tidak jarang juga menampilkan iklan aplikasi game dari Windows Store.

Anda bisa mematikan iklan pada layar pengunci tersebut:

Masuk ke Start Menu > Settings > Personalization > Lock Screen, lalu ubah pilihan background dari Windows Spotlight ke Picture atau Slideshow.

Anda juga bisa mematikan fitur “Get fun facts, tips, and more from Windows and Cortana on your lock screen” pada menu ini. Fitur tersebut berisi informasi dan tips dari Windows dan Cortana pada lock screen anda.

Hilangkan “Suggested Apps” Pada Start Menu

Windows 10 kadangkala menampilkan “suggested apps” atau aplikasi yang direkomendasikan pada Start Menu. Aplikasi yang direkomendasikan tersebut biasanya bukan aplikasi gratisan, paling sering berupa aplikasi game dari Windows Store. Namun tetap saja iklan tersebut sedikit menyita ruang Start Menu yang mungkin bagi sebagian orang cukup mengganggu.

Anda bisa menghilangkan tampilan iklan suggested apps tersebut dari Start Menu, caranya:

Masuk ke Start Menu > Settings > Personalization > Start dan klik tombol “Occasionally show suggestions in Start” menjadi OFF.

Hilangkan Iklan Terselubung Berwujud Tips

Microsoft juga menyediakan berbagai “tips” bermanfaat pada Windows 10 yang sebenarnya cukup membantu para pengguna, namun terkadang berupa rekomendasi dan saran untuk menggunakan berbagai aplikasi dan layanan dari Microsoft. Diantara tips tersebut yaitu rekomendasi untuk menggunakan browser Microsoft Edge untuk meingkatkan efisiensi daya baterai dan penawaran bonus berupa Microsoft reward point jika sering menggunakannya.

Jika anda lebih suka menggunakan aplikasi pihak ketiga pilihan anda sendiri tanpa gangguan sugesti dari Microsoft, anda dapat mematikannya dengan cara:

Masuk ke Start Menu > Settings > System > Notifications & Actions lalu klik tombol “Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows” menjadi OFF.

Enyahkan Notifikasi “Get Office”

Microsoft juga menyertakan aplikasi “Get Office” yang dengan setia menyajikan notifikasi berupa rekomendasi untuk mendownload Office 365 dan mencoba menikmati masa trial gratisan selama sebulan penuh.

Jika anda merasa terganggu dengan notifikasi tersebut maka bisa anda non-aktifkan dengan cara:

Masuk ke Start Menu > Settings > System > Notifications & Actions lalu scroll ke bawah, klik tombol “Get Office” menjadi OFF.

Anda juga mematikannya dengan cara meng-uninstall aplikasi Get Office pada Start Menu dengan cara klik kanan lalu pilih Uninstall. Namun aplikasi tersebut akan tetap kembali muncul ketika anda mengupdate Windows 10.

Uninstall Game Dan Aplikasi Bawaan Lainnya

Windows 10 melakukan download otomatis beberapa aplikasi semisal Candy Crush Soda Saga, Flipboard, Twitter, dan Minecraft: Windows 10 Edition ketika pertama kalinya anda melakukan sign in Windows 10 pasca instalasi Windows 10 atau upgrade versi Windows 10. Para produsen PC biasanya juga menambahkan aplikasi besutan mereka sendiri dan live tile yang terinstal secara default.

Anda dapat menghilangkan berbagai aplikasi dan tile tersebut. Buka Start Menu lalu cari berbagai aplikasi yang tidak anda butuhkan, klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall. Beberapa aplikasi game seperti Candy Crush Soda Saga dan FarmVille 2: Country Escape akan muncul secara default pada live tile, namun anda tetap bisa menemukannya pada daftar list aplikasi.

Sebagian aplikasi yang ditampilkan pada live tile masih belum terdownload dan terinstall, hanya berwujud link instalasi otomatis. Untuk menghilangkan live tile cukup anda klik kanan lalu klik “Unpin from Start” karena tile tersebut hanya berupa link yang diarahkan pada Windows Store, bukan berupa aplikasi.

Selain cara yang disebut diatas anda juga bisa mengantisipasi iklan pada Windows 10 dengan cara menghindari aplikasi-aplikasi game gratisan yang ditawarkan Windows 10. Microsoft mengubah kebijakan sebagian game gratisan tersebut sebagai mesin iklan, jadi jika anda ingin menghilangkan iklan yang ditampilkan pada game tersebut anda harus berlangganan dengan tarif tertentu.

 

 

In this article

Join the Conversation

2 comments

  1. Kaligrafi amand art Balas

    Thank atas ilmunya

    1. nurmans Balas

      sama-sama…


Lewat ke baris perkakas