Hasil Benchmark Sampel AMD Zen Menyamai Intel Xeon E5 10 Core

Sebuah hasil benchmark sampel AMD x86 Zen telah ditemukan pada Blenchmark (via wccftech). sebuah situs oengumpual data benchmark Blender yang tidak populer. Benchamrk blender yang terdaftar sebagai “Enginneirng Sample”...

447 0
447 0

Sebuah hasil benchmark sampel AMD x86 Zen telah ditemukan pada Blenchmark (via wccftech). sebuah situs oengumpual data benchmark Blender yang tidak populer. Benchamrk blender yang terdaftar sebagai “Enginneirng Sample” dari produk AMD Zen tersebut menunjukkan hasil yang luar biasa, namun sayangnya detail informasi prosesor tersebut tidak tercantum sehingga belum diketahui lebih jauh spesifikasinya.

AMD sendiri akan merilis produk Zen dalam berbagai varian jumlah core, mulai dai 8 hingga 32 untuk Naples. Pada hasil benchmark tersebut masih sangat sulit untuk diperkirakan berapa jumlah core-nya, namun sangat luar biasa untuk ukuran prosesor 8 core dan sudah cukup luamayan untuk ukuran prosesor 16 core.

Hasil peringkat benchmark blender versi engineering sample menunjukkan performa prosesor Zen tersebut lebih tinggi dibanding Core i7-6900K namun setara dengan Intel Xeon E5 2680 v2 Ivy Bridge-EP yang memiliki jumlah core 10 buah, namun dengan frekuensi yang relatif rendah hanya 2,8 GHz.

Tanggal pengujian yang tertera menunjukkan waktu yang sama dengan munculnya hasil demo resmi prosesor Zen oleh AMD namun hasilnya sudah dirlis AMD secara resmi sehingga tetap tidak bisa dijadikan parameter. Namun jika memang hasil tersebut ditunjukkan oleh prosesor Zen 8 core, maka performanya jauh melampaui perkiraan dan mengungguli kompetitornya.

Namun jika hasil tersebut menunjukkan varian Naples 32 core, maka masih bisa diterima mengingat Intel memiliki keunggulan proses produksi transistor yang jauh mengungguli industri lain. AMD memang tidak diharapkan mampu menyamai atau mengungguli performa Intel, namun AMD diharapkan memberi perlawanan serius bagi Intel dari segi harga dibanding performa yang selama ini memang menjadi keunggulan produk AMD.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas