Hasil Benchmark Sampel Intel Core i5-7600K Kaby Lake Menunjukkan Sedikit Peningkatan Dibanding Core i5-6600K Skylake

Prosesor desktop Intel penerus Skylake yaitu Kaby Lake masih belum diluncurkan ke pasaran, namun beberapa website dari RRC berhasil mendapatkan sampel chip CPU Kaby Lake Core i5-7600K untuk pengujian. Versi...

455 0
455 0

Prosesor desktop Intel penerus Skylake yaitu Kaby Lake masih belum diluncurkan ke pasaran, namun beberapa website dari RRC berhasil mendapatkan sampel chip CPU Kaby Lake Core i5-7600K untuk pengujian. Versi desktop Intel Kaby Lake sendiri akan diluncurkan pada CES 2017 awal Januari besok.

Bocoran benchmark hasil pengujian ini tak disangka-sangka muncul begitu awal padahal masih lebih dari 2 bulan sebelum saat peluncurannya. Namun untuk pengujian ini menggunakan chip CPU versi sampel engineering sehingga hasil benchmark untuk versi final besok bisa jadi lebih baik lagi tergantung perbaikan dan optimasi yang dilakukan oleh Intel sebelum diluncurkan ke pasaran.


Prosesor Core i5-7600K sendiri merupakan versi Core i5 tercepat pada kelaurag Kaby Lake. Seperti generasi i5 sebelumnya CPU ini memiliki 4 core tanpa hyper-threading yang diproduksi pada fabrikasi 14nm Plus yang menurut Intel merupakan peningkatkan efisiensi dan performa dari teknologi 14nm FinFET pada Skylake saat ini. Frekuensi default-nya disetting pada 3,8 Ghz dengan boost hingga 4,2 GHz. Dilengkapi dengan memori L3 cache sebesar 6 MB dan konsumsi daya 91W. Chip ini akan dibanderol pada kisaran harga 250-an USD.

Website hardware dari RRC Expreview (via wccftech) berhasil mendapatkan sampel CPU Core i5-7600K. Mereka melakukan pengujian prosesor Intel Skylake dan Kaby Lake pada PC dengan konfigurasi hardware yang sama. Motherboardnya ASRock Z170 OC Formula, RAM 8GB G.Skill DDR4-2133 dan kartu VGA NVIDIA GTX 1070.


Pada tabel pengujian tersebut tampak bahwa Core i5-7600K Kaby Lake memiliki performa multi-thread 9% lebih baik dibanding Core i5-6600K Skylake, dan pada single-thread hanya memiliki peningkatan sebesar 6%. Dalam pengujian gaming justru peningkatannya tidak signifikan, Kaby Lake i5-7600K hanya menghasilkan peningkatan performa sebesar 2-4% dibanding Skylake i5-6600K. Namun untuk pengujian pada konten-konten produktivitas semisal editing grafis dan multimedia maka i5-7600K justru memiliki peningkatan hingga 7-11% dibanding i5-6600K.

Walau bagaimanapun juga chip yang duji tersebut masih berupa versi sampel engineering yang masih belum final dimana dukungan driver dan motherboard masih belum maksimal. Kita tunggu saja nanti pengujian versi final dengan motherboard dan driver yang sudah mendukung penuh segala fitur yang ada pada Kaby Lake. Namun kemungkinan besar peningkatannya tidak signifikan bahkan bisa jadi sama saja dibanding hasil pengujian versi sampel ini.


 

Versi Kaby Lake bisa jadi hanya merupakan peningkatan efisiensi saja dibanding Skylake, dengan konsumsi daya yang sama Intel mampu meningkatkan frekuensinya sebagai keuntungan dari proses fabrikasi 14nm Plus dari Intel. Jika memang performa finalnya tidak ada peningkatan dibanding versi sampel ini, maka upgrade prosesor PC dari Skylake ke Kaby Lake bagi para gamer bisa dibilang percuma dan tidak diperlukan. Sedangkan untuk kreator multimedia dan desainer grafis bisa mendapatkan keuntungan lebih dibanding gamer dalam hal peningkatan performa pada Kaby Lake.

Sumber gambar: Expreview dan PCOnline

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas