Harga Chip DRAM Naik Akibat Masa Transisi Menuju 20nm

Sebagaimana yang diprediksikan sebelumnya, harga komponen yang berkaitan dengan memori DRAM terus merangkak naik akibat jumlah permintaan yang melampaui suplai. Presiden salah satu produsen chip memori Nanya Technology...

244 0
244 0

Sebagaimana yang diprediksikan sebelumnya, harga komponen yang berkaitan dengan memori DRAM terus merangkak naik akibat jumlah permintaan yang melampaui suplai. Presiden salah satu produsen chip memori Nanya Technology menyatakan bahwa harga rerata chip memori DRAM produknya akan meningkat pada kuartal pertama dan kedua tahun 2017 ini.

Sekitar tahun 2014 lalu harga chip DRAM sempat meningkat drastis, karena ketika itu sedang dalam proses transisi teknologi menuju proses fabrikasi 25nm, dan saat ini dalam proses transisi lagi menjadi 20nm. Namun mulai pertengahan 2017 diperkirakan harga chip memori DRAM akan kembali stabil mengingat para produsen akan segera bergerak secepat mungkin untuk memproduksi pada teknologi proses yang lebih kecil. Nanya technology akan segera meningkatkan kapasitas produksi chip DRAM 20nm-nya sembari mengurangi produksi chip 30nm-nya hingga 2018.

Ledakan jumlah produksi perangkat mobile dan tentu saja komponen chip memori DRAM yang ditanamkan di dalamnya beberapa tahun belakangan ini membuat para produsen chip memori berusaha keras untuk menstabilkan kapasitas produksi yang masif tersebut. Diharapkan tingginya harga ini hanya berlangsung pada 2017 saja, namun mengingat jumlah produsen chip memori DRAM hanya segelintir maka akan butuh waktu lebih lama lagi untuk kembali turun.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas