Google Meluncurkan Pixel, Smartphone Canggih Penerus Nexus

Sebagaimana yang telah diperkirakan, Google akhirnya mengumumkan smartphone Android terbaru mereka, Pixel dan Pixel XL. Google mengklaim bahwa smartphone tersebut dikembangkan dan didesain sendiri oleh Google namun diproduksi...

333 0
333 0

Sebagaimana yang telah diperkirakan, Google akhirnya mengumumkan smartphone Android terbaru mereka, Pixel dan Pixel XL. Google mengklaim bahwa smartphone tersebut dikembangkan dan didesain sendiri oleh Google namun diproduksi oleh HTC sebagaimana HTC Google Nexus One 6 tahun lalu.

Versi standar Pixel menggunakan layar 5″ AMOLED beresolusi Full HD 1080p dengan kepadatan 441 PPI. Sedangkan Pixel XL yang lebih besar lagi yaitu 5,5″ AMOLED beresolusi QHD 1440p dengan kepadatan 534 PPI. Perbedaan lain dari 2 varian smartphone besutan Google tersebut adalah kapasitas baterai, Pixel ditanamkan baterai berkapasitas 2770mAh sedangkan versi XL ditanamkan baterai yang lebih besar lagi 3450mAh. Google juga menyertakan fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai untuk operasional 7 jam hanya dalam waktu 15 menit saja.

Detail spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan rumor yang telah beredar selama ini. Prosesornya menggunakan Qualcomm terbaru Snapdragon 821 yang dipasangkan dengan 4GB RAM LPDDR4, prosesor ini merupakan sedikit overclock dari Snapdragon 820. Untuk kapasitas memori penyimpanan internal hanya tersedia 2 pilihan, 32GB dan 128GB saja. Pada bagian kameranya tidak seperti produk smartphone lain sekelas dengan jumlah pixel yang bombastis, Pixel hanya menggunakan kamera utama 12,3 MP yang tidak menonjol yang ukuran pixelnya cukup besar 1,55 micron dengan lubang aperture lensa f/2.0. Kamera tersebut dilengkapi fitur stabilisasi optikal (OIS), autofokus dengan deteksi laser dan fase, video slow motion 240 FPS beresolusi 720p, flash dual LED CRI-90, dan perekaman video 4K 30 FPS. Perangkat selfie-nya berupa sebuah kamera 8MP berukuran pixel 1,4 micron dengan lubang aperture lensa f/2.4 serta kemampuan rekam video 1080p pada 30 FPS.

Duo smartphone Google ini sudah terintal Android 7.1 Nougat langsung dari box-nya. Pixel juga memiliki fitur Google Daydream VR dan Google Assistant. Banderol harganya dimulai dari 649 USD di AS. Smartphone bercasing belakang dual tone glossy dan dove ini tersedia dalam 3 pilihan warna Quite Black, Very Silver dan Really Blue.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas