Google Chrome Android Akan Mempu Mendownload Video Dan Lebih Menghemat Data

Google mengumumkan bahwa mereka mengimplementasikan beberapa perubahan dan fitur baru pada app Chrome pada Android. Fitur-fitur dan perubahan tersebut difokuskan pada peningkatan konektivitas dan penghematan konsumsi data. Mode...

348 0
348 0

Google mengumumkan bahwa mereka mengimplementasikan beberapa perubahan dan fitur baru pada app Chrome pada Android. Fitur-fitur dan perubahan tersebut difokuskan pada peningkatan konektivitas dan penghematan konsumsi data. Mode Data Saver pada Google Chrome akan mampu mengkompres konten video berfromat MP4 hingga 67% lebih kecil.

Google Chrome nantinya juga akan menampilkan halaman web dengan lebih simpel dan sederhana yang bisa di-load dengan lebih cepat dan lebih menghemat konsumsi data. Mode ini akan sangat berguna ketika berinternet menggunakan kuota data mobile. Bahkan Google juga menyertakan kemampuan mendownload halaman web termasuk diantaranya video, gambar, bahkan audio yang ada di dalam halaman web tersebut sehingga pengguna akan mampu mengakses halaman web tersebut pada tab lain ketika sedang offline.

Tidak hanya itu saja, Google juga membuat Chrome mampu memberikan rekomendasi bagi pengguna untuk mendownload halaman web tertentu sehingga bisa diakses ketika sedang offline. Rekomendasi ini berbasis tren terkini yang sedang populer atau berbasis hal-hal yang berkaitan dengan kecenderungan pengguna.

Play Store pun juga mengalami perubahan sebagaimana Chrome. Perubahan utama tersebut terkait dengan kemampuan akses pada koneksi internet yang lemah atau lambat. Google menjulukinya dengan “fast browsing” yang fiturnya jelas tidak jauh berbeda dengan data saver Chrome. Update Play Store tersebut akan diberlakukan ketika pengguna sedang terkoneksi wifi sehingga tidak menganggu koneksi kuota data mobile.

Google juga menambahkan kemampuan menunda download atau update app dengan fitur baru yaitu opsi “Wait for Wi-Fi”, dengan demikian perangkat Android baru mulai mendownload atau mengupdate apps secara otomatis ketika terkoneksi wifi. Para pengguna tidak perlu repot-repot mendownload apps secara manual ketika mulai terkoneksi wifi.

Seluruh update untuk Chrome ini baru akan tersedia pada versi yang akan datang, mungkin versi 54 yang akan rilis bulan ini. Sedangkan untuk update fitur baru Play Store tersebut baru tersedia bertahap pada sebagian negara, sebagian pengguna harus menunggu hingga Google secara otomatis mengupdate Play Store tersebut.

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas