Hindari Penggunaan Gadget Ketika Tidur Malam

Saat ini kita hidup pada era dimana smartphone hampir selalu melekat di tangan kita. Berjam-jam waktu dihabiskan untuk menatap layar smartphone, notifikasi demi notifikasi dari aplikasi media selalu...

321 0
321 0

Saat ini kita hidup pada era dimana smartphone hampir selalu melekat di tangan kita. Berjam-jam waktu dihabiskan untuk menatap layar smartphone, notifikasi demi notifikasi dari aplikasi media selalu muncul. Memang bisa dibilang ketagihan yang mengasyikkan. Namun sayangnya efek cahaya dari layar smartphone cukup berbahaya bagi kita.

Tubuh manusia memiliki siklus alami istirahat pada malam hari supaya bisa pulih pada esok harinya. Namun setiap kali kita memegang smartphone untuk merespon setiap notifikasi yang muncul, otak kita akan menjadi bingung. Penelitian menunjukkan bawah cahaya dari layar smartphone, khususnya cahaya biru menimbulkan efek negatif tersebut pada otak manusia. Efek sama yang dialami ketika tiba-tiba cahaya matahari pagi masuk ke mata kita, yang menyebabkan level kadar melatonin pada otak kita menurun sehingga berpotensi meningkatkan depresi. Efek lain yaitu bisa merusak pola istirahat tidur sehingga mempengaruhi kinerja otak kita pada keesokan harinya.

Memang sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan bagi sebagian kita untuk tidak memegang smartphone ketika hendak tidur. Dan dengan alasan tersebut para produsen smartphone berusaha membuat berbagai terobosan teknologi demi menyelesaikan permasalahan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab mereka atas kebiasaan buruk para konsumennya.

Sebagai contohnya yaitu Apple dengan fitur teknologi iOS 10 Night Shift Blue Light Filter. Sebuah mode yang akan mengubah warna cahaya yang keluar dari layar smartphone. Apple mengklaim bahwa iPhone akan merubah settingnya secara otomatis untuk mengadaptasikan cahaya layar ketika berada pada ruangan yang gelap. Google juga menanamkan fitur tersebut pada produk smartphone terbarunya, Google Pixel.

Langkah paling efektif untuk meminimalisir efek negatif dari cahaya warna dari layar smartphone adalah mengubah kebiasaan pribadi dengan tidak memegang atau menjauhkan smartphone ketika hendak tidur. Memang berat pada awalnya, namun jika sudah terbiasa maka akan mudah dan dampak jangka panjangnya akan baik bagi kita semua.

Sumber

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas