Uji Kemampuan Virtual Reality Pada PC-mu Dengan VRMark

Futuremark, perusahaan dibalik software benchmark populer 3DMark telah merilis software baru yang disebut dengan VRMark yang diperuntukkan bagi Virtual Reality (VR). Persyaratan sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game...

282 0
282 0

Futuremark, perusahaan dibalik software benchmark populer 3DMark telah merilis software baru yang disebut dengan VRMark yang diperuntukkan bagi Virtual Reality (VR). Persyaratan sistem yang dibutuhkan untuk menjalankan game-game VR lebih tinggi dibanding game-game biasanya, dan VRMark ini akan memungkinkan kita untuk mengetes performa PC secara mandiri untuk memastikan apakah sistem PC tersebut mampu untuk menjalankannya sebelum merogoh kocek lebih jauh untuk membeli perangkat headset VR. Walau PC sudah mampu memainkan sebagian besar game pada 60 FPS, namun untuk VR anda membutuhkan setidaknya 90 FPS. Jika kurang dari itu, anda tidak bisa berlama-lama menggunakan VR karena kurang nyaman yang bisa menyebabkan kepala pusing.

VRMark terdiri dari 2 jenis tes benchmark yang akan berjalan pada monitor dan tidak membutuhkan headset VR. Pertama benchmark Orange Room akan memastiakn apakah PC anda sudah memenuhi persyaratan yang direkomendasikan untuk Oculus Rift dan HTC Vive, dua platform VR yang populer di pasaran saat ini. Jika PC anda memenuhi FPS sesuai target tanpa mengalami penurunan FPS maka PC anda berhasil lulus tes tersebut.

Benchmark jenis kedua adalah Blue Room yang lebih menuntut kinerja hardware yang akan menentukan apakah sistem PC anda berada diatas persyaratan yang direkomendasikan oleh Oculus Rift dan HTC Vive. Jika PC anda berhasil lulus tes ini, maka PC tersebut akan mampu menjalankan game VR terkini pada setting grafik tertinggi. Futuremark menambahkan bahwa jika lulus tes Blue Room ini maka PC anda akan berada pada level VR-Ready untuk headset VR generasi berikutnya.

Software benchmark ini juga bisa dijalankan dengan menggunakan headset VR, pilihan “Experience Mode” mamungkinkan anda untuk melihat kualitas adegan benchmark 3D langsung dari dari VR. Mereka sudah merancangnya untuk memungkinkan pergerakan bebas, audio spatial, dan dielngkapi dengan lampu senter interaktif sehingga anda dapat melihat lokasi spesifik pada adegan 3D tersebut. Semua ini bisa berjalan pada VR atau monitor biasa.

VRMark sudah tersedia di website Futuremark atau Steam. Futuremark menyediakan versi Basic Edition yang bisa didownload gratis. Versi gratis hanya memiliki fitur benchmark Orange Room, sedangkan Blue Room dan Experience Mode hanya tersedia pada versi berbayar.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas