Foto Soket AMD AM4 Sudah Terungkap

Foto prosesor AMD terbaru yang akan dirilis yang berkode Zen dan soket terbarunya AM4 sudah beredar. Pada foto tersebut tampak bahwa AMD kembali menggunakan kontak prosesor berdesain Pin...

602 2
602 2

Foto prosesor AMD terbaru yang akan dirilis yang berkode Zen dan soket terbarunya AM4 sudah beredar. Pada foto tersebut tampak bahwa AMD kembali menggunakan kontak prosesor berdesain Pin Grid Array (PGA) namun dengan perubahan untuk mendukung tambahan fitur dan fungsionalitas. Soket AM4 sendiri akan menjadi soket all-in-one bagi seluruh prosesor desktop AMD kedepannya, diantaranya Bristol Ridge dan Summit Ridge. Soket tersebut juga akan menggantikan seluruh soket AMD yang ada sebelumnya yaitu AM dan FM dan menyeragamkannya menjadi satu.

AM4 sendiri merupakan lompatan yang sangat besar dibanding AM3+ dan soket-soket AMD versi AM sebelumnya. Pada soket ini AMD akhirnya menambahkan dukungan PCIe Gen 3 dan USB 3.0/3.1. Soket baru tersebut bisa mendukung DDR4 dual channel dan 4 buah soket DDR4 hingga 3200MHz. Untuk dukungan PCIe Gen 3 sendiri mampu hingga 24 PCIe lane tergantung chipsetnya serta kompatibel dengan NVMe , fitur ini juga setara dengan Intel LGA 1151. AMD juga melengkapi keluarga chipset AM4 dengan fitur SATA Express.

Pada foto tersebut tampak bahwa soketnya berwarna putih sebagaimana keluarga soket AMD varian pertama, maka soket AM4 ini nantinya juga menggunakan standar warna putih. Pola tersebut juga diterapkan pada soket AMD sebelumnya, AM2 dan AM3 menggunakan warna putih, sedangkan AM2+ dan AM3+ menggunakan warna hitam sehingga nantinya soket AM4+ kemungkinan besar juga akan berwarna hitam.

Sebagaimana soket AMD generasi sebelumnya yang menggunakan desain soket PGA, AM4 nantinya juga menggunakan mekanisme penguncian yang sama dan luasan area soket yang sama dengan soket AM3+ yang berukuran 40×40 mm. Jumlah Pin pada soket AM4 sendiri meningkat signifikan yaitu 1331 pin dibanding prosesor AM3+ yang hanya 942 pin dan prosesor AM lainnya yang berkutat sekitar 940-an pin, bahkan lebih banyak dibanding soket Intel LGA1151.

Seluruh CPU dan APU AMD berbasis AM4 akan memiliki southbridge yang terintegrasi dan mendukung jumlah lane PCIe dan USB yang meningkat signifikan dibanding sebelumnya. Fitur-fitur terintegrasi tersebut menuntut AMD untuk menambahkan jumlah pin-nya hingga 42%. Untuk mengakomodir jalur konduktor PCB yang keluar masuk soket yang semakin banyak maka membutuhkan relokasi lubang pemasangan cooler/heatsink prosesor, dengan demikian sistem pendingin AM4 tidak kompatibel dengan seluruh pendingin AMD generasi sebelumnya.

Motherboard AM4 akan mulai dilepas ke pasaran sekitar bulan Oktober besok. Motherboard baru tersebut juga akan kompatibel dengan APU Raven Ridge yang diperkirakan rilis pada pertengahan 2017 dan CPU octa-core Summit Ridge pada Februari 2017. Raven Ridge sendiri akan menggunakan Zen quad-core, GPU berbasis GCN dan HBM (High bandwidth Memory).

In this article

Join the Conversation

2 comments

  1. APU AMD Bristol Ridge Berhasil Dioverclock Hingga 4,8 GHz - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] AMD Bristol Ridge A12-9800 sudah pernah dibahas pada postingan sebelumnya, juga dibahas mengenai soket terbaru AM4. Ringkasnya AMD A12-9800 merupakan APU yang terdiri dari quadcore CPU berbasis excavator dengan […]

  2. Foto Dan Spesifikasi Motherboard GIGABYTE Soket AM4 Terungkap - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] waktu lalu foto dan spesifikasi awal motherboard bersoket AMD AM4 untuk Zen, Bristol Ridge dan Raven Ridge sudah terungkap. Motherboard AM4 ini nantinya akan […]


Lewat ke baris perkakas