Foto Dan Spesifikasi Motherboard GIGABYTE Soket AM4 Terungkap

Beberapa waktu lalu foto dan spesifikasi awal motherboard bersoket AMD AM4 untuk Zen, Bristol Ridge dan Raven Ridge sudah terungkap. Motherboard AM4 ini nantinya akan kompatibel dengan prosesor...

629 0
629 0

Beberapa waktu lalu foto dan spesifikasi awal motherboard bersoket AMD AM4 untuk Zen, Bristol Ridge dan Raven Ridge sudah terungkap. Motherboard AM4 ini nantinya akan kompatibel dengan prosesor AMD terbaru yang akan rilis mulai dari 8 core Summit Ridge hingga APU kelas menengah dan kelas bawah. Kali ini situs hardware Korea Bodnara kembali mengungkap foto dan spesifikasi motherboard AM4 lainnya.

Soket AM4 AMD nantinya akan menggunakan 3 varian level chipset berbeda. Kelas bawah menggunakan AMD A320, untuk kelas menengah berupa B350, dan kelas high-end berupa X370. Chipset baru ini nantinya akan dilengkapi fitur-fitur konektivitas terkini diantaranya M.2, PCIe 3, Memori DDR4, USB 3.1, dan lain sebagainya. Hingga saat ini hanya sebagian produsen PC OEM built-in yang mulai memproduksi dan memasarkan PC desktop dengan AMD Bristol Ridge.

Ada dua versi motherboard AM4 yang foto dan detailnya dibahas di sini yang keduanya sama-sama berada di kelas menengah, berchipset B350 dengan ukuran M-ATX. Kedua motherboard tersebut sama-sama produk GIGABYTE.

Motherboard pertama terlihat memiliki dua slot PCIe 3.0 x16 dan sebuah slot M.2 NVMe.  Untuk port I/O pada bagian belakang pada foto terlihat bahwa terdapat 2 port USB 2.0, 4 port USB 3.0, 2 port USB 3.1 type-A, sebuah port PS/2 combo, D-Sub, DVI-D, HDMI dan 3 buah jack audio. Chip Audio-nya sendiri terlihat menggunakan ALC887 high definition audio codec buatan Realtek. Motherboard ini juga terlihat menggunakan solid kapasitor kelats atas buatan Jepang.

Sebagaimana umumnya motherboard besutan GIGABYTE, motherboard ini juga dilengkapi dual BIOS untuk memudahkan flash dan memberi fungsi backup. Pada foto juga terlihat tampilan UEFI BIOS yang menunjukkan frekuensi dan voltase memori DDR4 yang terpasang.

Motherboard Gigabyte AM4 kedua sudah diberi label tipe merk yaitu GA-B350M-D2 yang merupakan motherboard OEM kelas bawah. Suplai daya prosesor pada motherboard tersebut menggunakan 7 fase dan sebuah konektor daya tambahan 8-pin. Slot DIMM memori DDR4 hanya memiliki dua buah dan terdapat 4 buah port SATA3 6Gbps untuk mendukung penyimpanan data. Slot ekspansinya sendiri hanya dilengkapi sebuah slot PCIe 3.0 x16 dan dua slot PCIe 2.0 x1. Port USB panel depan terdiri dari 2 buah USB 3.0 dan sebuah USB 2.0.

Panel belakang motherboard GA-B350M-D2 terdapat sebuah port LAN yang ditenagai chip Realtek 8111G, 2 port USB 2.0, 2 port USB 3.0, sebuah port USB 3.1 type-A, sebuah port PS/2 combo, D-Sub, DVI-D, dan 3 buah jack audio. Chip Audio-nya sendiri juga sama-sama terlihat menggunakan ALC887 high definition audio codec buatan Realtek. Motherboard ini juga sama-sama menggunakan solid kapasitor kelas atas buatan Jepang.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas