EVGA GTX 1080 FTW, Graphic Card Untuk Pengalaman Gaming Terbaik

Meskipun nama EVGA tidak sepopuler ASUS, MSI atau Gigabyte dalam urusan hardware, namun EVGA sendiri dikenal sebagai brand yang kerap menghadirkan berbagai komponen hardware berkelas premium. Salah satunya...

174 0
174 0

Meskipun nama EVGA tidak sepopuler ASUS, MSI atau Gigabyte dalam urusan hardware, namun EVGA sendiri dikenal sebagai brand yang kerap menghadirkan berbagai komponen hardware berkelas premium. Salah satunya adalah produk gaphics card dan motherboard. Demi memanjakan para pencinta game di tanah air, EVGA telah menghadiran produk graphic card teranyarnya, yakni EVGA GTX 1080 FTW Gaming ACX 3.0. Dengan kelengkapan GPU GP104 ini, graphic card besutan EVGA ini tentu saja dikhususkan bagi gamer enthusiast sehingga bisa mendapatkan pengalaman terbaik bermain game lebih nyaman dan menarik.

EVGA GTX 1080 FTW Gaming ACX 3.0 sebagai FTW Series, hadir dengan fituf-fitur unggulan dari EVGA, salah satunya yaitu sistem penfingin ACX 3.0 beserta sokongan aplikasi dan komponen handal lainnya. Dari sisi performanya, tampilan premiumnya memang begitu menggoda untuk disandingkan di bagian dalam casing. Hal ini bisa jadi dikarenakan ukurannya lebih lebar dibandingkan GTX 1080 Founder Edition, sehingga memastikan casing PC Anda bisa mengakomodasi GTX 1080 FTW ini. Namun bila melihat berbagai casing yang ada di pasaran Indonesia sendiri, Anda tak akan sulit menjumpainya.

Graphic card berbasis NVIDIA unggulan dari EVGA ini juga telah disematkan lampu LED berwarna biru. Dari laman resminya, EVGA turut menyebutkan bahwa pada beberapa varian sudah dilengkapi LED RGB yang bisa dikendalikan lewat aplikasi dari EVGA Precision X.

Jika kita lihat sistem penginginnya, varian ACX 3.0 ini memiliki kinerja yang cukup mengesankan. Tak hanya bisa mendinginkan GPU GP104 saja yang sudah tertanam dalam graphic card tersebut, tetapi kipas pendinginnya  bisa bekerja tanpa bising. Selain itu, perlu kita ingat bahwa sistem pendingin tersebut itulah yang menjadikan ukuran pada graphic card tersebut lebih besar dibandingkan seri Founders Editions.

Sisi Performa Graphic Card teranyar dari EVGA ini mampu menyuguhkan performa dengan sokongan GeForce GTX 1080 dengan performa lebih handal dibandingkan seri founders edition. EVGA GTX 1080 FTW Gaming ACX 3.0 ini bahkan digadang-gadang termasuk graphic card tercepat berbasis GTX 1080. Performa ekstra dari graphic card ini memang seharusnya menjadikan GPU GP104 lebih panas saat bekerja, tapi temperature panas yang keluar tersebut bisa diatasi secara maksimal oleh pendingin ACX 3.0 pada graphic card EVGA ini.

Ketika sedang load, temperature kerja pada graphic card ini mencapai 75oC. Suhu tersebut memang bukan suhu terendah diantara beberapa seri GTX 1080, tapi setidaknya angka tersebut lebih rendah dibandingkan seri Founder Edition dengan angka mencapai 83oC.

Dari performa yang telah ditawarkan pada graphic card besutan EVGA ini, menjadikan konsumsi daya listiknya meningkat. Bahkan jika dibandingkan seri GeForce GTX 1080 seri Founder Edition, pasalnya graphic card ini bisa mengkonsumsi daya listrik lebih tinggi 23 watt. Meskipun begitu, hal tersebut rasanya wajar jika performa yang ditawarkan sudah lebih tinggi.

Setelah jauh membahas performanya, dari tampilannya saja penampakan ECGA GTX 1080 FTW ini hadir dengan kesan premiumnya sebab memadukan pemakaian material plastik di bagian yang berwarna hitam dan material logam yang berwarna perak. Uniknya, dalam shroud graphic card tersebut ada material mesh di bagian bawahnya memiliki panel LED sehingga membuatnya bisa menyala. Mengenai komponen yang disematkannya, graphic card EVGA ini dibekali komponen premium lewat kehadiran power phase 10+2 sehingga menjamin pasokan listik menuju GPU lebih stabil dan lebih baik.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas