CPU Intel Dengan Chip GPU AMD Radeon Terintegrasi Akan Hadir Tahun Ini

Tampaknya rumor yang sempat beredar bahwa produk CPU Intel yang akan dilengkapi dengan GPU terintegrasi dari AMD akan semakin mendekati kenyataan, kemungkinan besar akan terealisasi tahun 2017 ini....

436 0
436 0

Tampaknya rumor yang sempat beredar bahwa produk CPU Intel yang akan dilengkapi dengan GPU terintegrasi dari AMD akan semakin mendekati kenyataan, kemungkinan besar akan terealisasi tahun 2017 ini.

Menurut kepala editor HardOCP, Kyle Bennet yang pertama kali mengabarkan rumor tersebut pada desmber tahun lalu, perjanjian lisensi antara Intel dengan AMD telah disepakati dan nantinya Intel akan merilis prosesor spesial yang mengkombinasikan CPU berbasis Intel Kaby Lake dengan GPU AMD.

Pada postingan tersebut, Kyle Bennet juga mencatat bahwa produk ini nantinya bisa jadi akan berupa Multi-Chip Module (MCM) yang dipasangkan dengan GPU AMD secara terpisah dari chip silikon CPU dan tidak menjadi bagian dari satu kesatuan chip CPU. Dengan demikian AMD akan menyuplai chip GPU dan akan dirakit oleh Global Foundries atau TSMC.

Kerjasama ini akan menjadi keuntungan yang besar bagi AMD dan juga akan mampu memberikan performa grafik yang cukup baik bagi prosesor Intel, jauh lebih baik dibanding GPU terintegrasi dari Intel. Namun di sisi lain, CPU tersebut akan menjadi kompetitor yang tangguh bagi APU AMD Raven Ridge yang berbasis arsitektur AMD Zen dan chip GPU yang menghasilkan performa sekelas Radeon RX 460. Menurut Kyle Bennet, CPU tersebut kemungkinan besar akan dirilis pada akhir tahun ini.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas