Chrome Terbaru Memanfaatkan Teknologi PGO Untuk Mempercepat Kinerjanya

Google mengambil langkah krusial demi membuat browser Chrome menjadi lebih cepat. Sebuah persaingan yang dimulai oleh Microsoft yang mengklaim bahwa Edge lebih cepat dibanding browser populer dari Google tersebut....

338 0
338 0

Google mengambil langkah krusial demi membuat browser Chrome menjadi lebih cepat. Sebuah persaingan yang dimulai oleh Microsoft yang mengklaim bahwa Edge lebih cepat dibanding browser populer dari Google tersebut. Google tidak hanya berhenti hingga membuat Chrome lebih cepat saja, akan tetapi juga meluncurkan sebuah proyek baru agar Chrome lebih sedikit mengkonsumsi memori RAM dibanding sebelumnya. Dengan langkah optimasi yang dilakukan Google tersebut, Chrome pada Windows akan memiliki peningkatan kecepatan loading halaman web hingga 15%.

Peningkatan waktu loading ini dilakukan dengan memanfaatkan Microsoft Profile Guided Optimization (PGO). PGO mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi, data ini lalu digunakan untuk meng-compile ulang kode pemrograman pada aplikasi yang difokuskan untuk optimasi fungsi yang paling banyak dan sering digunakan. PGO memiliki fitur efektif lain yang membantu meningkatkan kecepatan kinerja aplikasi dengan menyimpan fungsi-fungsi yang paling sering digunakan pada memori cache instruksi CPU.

Google juga menggunakan teknologi PGO Microsoft untuk meningkatkan kecepatan startup Chrome hingga 17%, waktu loading halaman web hingga 6% dan waktu loading tab baru hingga 15%. Teknologi ini sudah tersedia pada Chrome untuk Windows 64 bit versi terakhir. Pada versi Chrome 54 fitur tersebut tersedia untuk versi Windows 64 dan 32 bit.

Sebastian Merchand dari Google menyatakan bahwa Chrome adalah sebuah proyek software yang besar dengan lebih dari satu juta fungsi pada source code-nya. Tidak semua fungsi dianggap setara, ada yang dikategorikan sering digunakan, ada juga yang dikategorikan jarang digunakan. Teknologi PGO menggunakan data runtime execution yang melacak fungsi mana saja yang sering digunakan untuk membantu optimasi.

Sumber Google via wccftech

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas