Blackberry Menghentikan Produksi Perangkat Smartphone

Beberapa waktu belakangan sering beredar kabar bahwa BlackBerry berencana menghentikan produksi perangkat smartphone mereka. Namun kabar tersebut selalu tertepis dengan peluncuran perangkat-perangkat smartphone mereka, walau frekuensinya jarang dan...

298 0
298 0

Beberapa waktu belakangan sering beredar kabar bahwa BlackBerry berencana menghentikan produksi perangkat smartphone mereka. Namun kabar tersebut selalu tertepis dengan peluncuran perangkat-perangkat smartphone mereka, walau frekuensinya jarang dan tidak menyasar segmen high-end lagi.

Kemarin BlackBerry secara resmi benar-benar menetapkan bahwa mereka tidak lagi mendesain dan memproduksi perangkat smartphone sendiri. Keputusan tersebut tidak berarti bahwa merk Blackberry benar-benar akan punah dari dunia smartphone. Blackberry akan menggandeng partner atau subkontraktor yang menggunakan lisensi software Blackberry yang disematkan pada sistem operasi Android smartphone buatan partner tersebut.

Sebelumnya Blackberry sudah mencoba pendekatan menggenadeng partner produsen smartphone diantaranya TCL yang memproduksi perangkat Blackberry DTEK50 yang pada dasarnya merupakan rebranding dari Alcatel Idol 4. Perusahaan China tersebut kemungkinan besar akan menjadi partner Blackberry untuk pasar daratan China hingga seterusnya.

Untuk pasar Indonesia Blackberry membuat perusahaan joint venture bernama PT BB Merah Putih bersama dengan salah satu perusahaan produsen perangkat mobile Indonesia, PT Tiphone. PT Tiphone sendiri sebagian sahamnya dimiliki oleh anak perusahaan PT Telkom. Dengan mulai diberlakukannya langkah-langkah tersebut maka keputusan penghentisan produksi smartphone oleh Blackberry sendiri sudah final, perusahaan yang sempat berjaya di akhir dekade lalu hanya akan memfokuskan segala riset dan pengembangannya pada pembuatan dan jasa layanan software yang termasuk di dalamnya berkaitan dengan aplikasi dan keamanan.

Produk terakhir yang didesain dan dirancang sendiri oleh Blackberry adalah Blackberry Priv yang diluncurkan bulan Oktober tahun lalu. Dengan demikian Priv menjadi akhir dari era smartphone Blackberry.

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas