Bersihkan Adware Dan Toolbar Sampah Pada Browser Dengan AdwCleaner

Ketika kita melakukan proses instalasi sebuah software atau aplikasi pada komputer Windows, tidak jarang kita hanya melakukan klik next, next dan next saja tanpa memperhatikan dengan teliti tahap-tahap instalasinya....

336 0
336 0

Ketika kita melakukan proses instalasi sebuah software atau aplikasi pada komputer Windows, tidak jarang kita hanya melakukan klik next, next dan next saja tanpa memperhatikan dengan teliti tahap-tahap instalasinya. Padahal di dalam proses instalasinya tidak jarang diselipkan berbagai jebakan pilihan tawaran aplikasi tambahan. Diantara paling mengganggu dari aplikasi sampah “jebakan” tersebut adalah tambahan toolbar atau iklan (adware) pada browser.

Idealanya langkah awal untuk mengantisipasi software-software penyusup tersebut adalah dengan menghindarinya ketika proses instalasi sofware yang kita butuhkan, memang butuh ketelitian dan kehati-hatian. Namun jika sudah terlambat dan terlanjur terinstal, anda tidak perlu repot-repot menginstal ulang komputer anda. Software-software sampah tersebut memang tidak bisa dihilangkan dengan metode uninstal konvensional. Sebuah aplikasi AdwCleaner bisa membantu membersihkannya. Aplikasi gratisan tersebut menghilangkan berbagai software sampah yang mengganggu yang disertakan pada installer software. Namun, walau terlihat mudah dan simpel, butuh sedikit trik untuk menggunakannya dengan benar.

AdwCleaner memang didesain untuk menghilangkan program sampah dari sistem operasi PC, namun untuk berjaga-jaga maka anda perlu melakukan backup sistem dengan membuat System Restore sebelum melanjutkan. Jika ada program yang memang tidak ingin anda hapus ikut terhapus, maka anda dapat mengembalikan kondisinya sebagaimana sebelumnya.

1. Download AdwCleaner

Masuk ke halaman download AdwCleaner untuk mendapatkannya, Toolslib merupakan halaman resmi untuk mendownload aplikasi ini. Sangat disarankan untuk tidak gugling AdwCleaner dan asal comot dari sembarang halaman web, karena banyak sekali penipu atau scammers yang menawarkan versi palsu yang justru menipu. AdwClaner sendiri merupakan aplikasi portabel, sehingga tidak membutuhkan proses instalasi dan bisa anda letakkan di manapun anda suka.

2. Scan Komputer Anda Dengan AdwCleaner

Dobel klik pada program AdwClaner yang telah anda download, jika muncul jendela User Account Control klik “Yes”.

Tampilan utama AdwClaner terdiri dari tiga pilihan tombol menu utama: Scan, Clean, dan Logfile. Klik Scan untuk memulai pencarian program sampah. Software AdwCleaner akan melakukan pencarian pada program-program yang memiliki potensi masalah semisal browser dan Registry Editor, sehingga hanya butuh beberapa menit saja hingga hasil pencariannya muncul.

AdwCleaner hanya menunjukkan hasil berupa 4 jenis malware yang terkategorikan pada beberapa pilihan tabel berbeda. Untuk kasus komputer yang saya gunakan ada: Folders, Files, Scheduled Task, Registry, dan Chrome. Berbagai jenis malware yang ditarget oleh AdwCleaner diantaranya.

  • Adware, iklan yang muncul ketika membuka browser atau berupa pop up. Jenis ini jelas sangat mengganggu.
  • Potentially undesirable software, software yang bisa jadi bermanfaat atau bisa jadi tidak.
  • Toolbars, tambahan menu yang muncul di tampilan browser yang kemungkinan besar menagganggu.
  • Hijackers, program yang mengubah tampilan home page browser anda biasanya sepaket dengan adware, ini juga jelas mengganggu.

Sebelum melakukan langkah selanjutnya berupa pembersihan, ada baiknya anda perhatikan dulu daftar hasil pencarian/scan oleh AdwClaner tersebut. Bisa jadi terdapat software atau program yang tidak ingin anda hapus sekalian, namun kemungkinan tersebut sangat kecil. Perhatikan kembali tanda “centang” pada daftar apakah sudah tertera. Jika sudah merasa mantab dan siap, anda bisa langsung ke tahap pembersihan.

3. Pembersihan

Ada dua pilihan langkah untuk melanjutkan pembersihan.

Pertama, dan yang paling jelas adalah dengan meng-klik tombol “Clean” untuk menghapus secara otomatis seluruh daftar file/program yang tercentang. Anda akan mendapatkan pesan peringatan untuk menutup software yang terkait. Setelah proses pembersihan selesai, anda akan diminta untuk melakukan restart komputer. Pastikan anda menutup seluruh software sebelum melakukannya.

 

Pilihan alternatifnya, anda dapat melakukan klik tombol “Logfile”. Kemudian muncul daftar logfile, pilih daftar terasat yang menunjukkan hasil scan terakhir anda. Pilihan ini akan memberikan sebuah file teks yang menunjukkan detail lokasi file program dan registry key. Anda dapat mencari file program bermasalah tersebut secara manual melalui Windows Explorer dan hapus sendiri secara manual. Begitu juga dengan menghapus manual registry key yang bermasalah melalui Registry Editor.

Metode alternatif tersebut memang jauh lebih repot dibanding menekan tombol “Clean” dengan sekali klik saja, namun lebih bisa dipastikan dimana letak masing-masing masalah tersebut. Ketika membersihkan secara manual pastikan anda tutup jendela browser dan program lain yang terkait. Setelah selesai, scan ulang untuk memastikan file-file bermasalah tersebut benar-benar hilang dan komputer anda benar-benar bersih.

Selamat berburu malware.

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas