Benchmark Terbaru Yang Diduga Apple A10X Tampak Jauh Melampaui A10 Pada Iphone 7

Tahun ini Apple merilis beberapa produknya yang cukup menarik. Iphone 7 dan iPhone 7 Plus mengalami upgrade hardware yang cukup melonjak dibanding generasi sebelumnya. Diantaranya yaitu upgrade arsitektur prosesor...

430 0
430 0

Tahun ini Apple merilis beberapa produknya yang cukup menarik. Iphone 7 dan iPhone 7 Plus mengalami upgrade hardware yang cukup melonjak dibanding generasi sebelumnya. Diantaranya yaitu upgrade arsitektur prosesor Apple seri A. Prosesor A10 Fusion terbaru rancangan Apple memiliki 4 core dengan konfigurasi big.LITTLE, jumlah core dan teknologi kombinasi klasik tersebut pertama kalinya dilakukan oleh Apple. Peningkatan jumlah core tersebut menjadikan iPhone 7 memiliki performa yang powerful. Selama ini prosesor A series besutan Apple selalu merajai benchmark single core.

Produk iPhone selalu mendapatkan antusiasme pasar dan media karena brand Apple-nya sendiri dan juga kesan kemewahannya. Namun kemampuan iPhone sendiri justru berada dibalik desain casingnya yang mewah dan elegan. Ketika Apple merilis iPad Air 2 yang ditenagai prosesor A8X di situlah pertama kalinya Apple makin serius mengembangkan prosesor seri A-nya hingga selalu merajai benchmark ketika baru dirilis.

Lalu Apple meneruskannya dengan A9X yang ditanamkan pada iPad Pro, tablet pertama Apple yang dirancang mampu menjalankan aplikasi tablet berat dan menysar kelas profesional. Saat ini sudah mulai beredar rumor dan bocoran informasi mengenai A10X. Mengingat performa A9X yang jauh melebihi A9 dan berhasil dilampaui oleh A10, maka dapat dipastikan bahwa A10X akan menjadi prosesor yang jauh lebih kencang dibanding A9X. Techtastic berhasil memperoleh bocoran skor benchmark yang kemudian dibandingkan dengan prosesor Apple sebelumnya.

Pada grafik tersebut tampak bahwa Apple A10X mencetak skor performa yang fantastis. Hasil pengujian single core mencapai 4236 dan Multi-core mencapai 6588 atau meningkat 32%, meningkat sebesar 32-40% dibanding A9X. Dibandingkan A10 fusion pun peningkatan ini sendiri cukup signifikan. Akurasi pengujian ini sendiri belum dapat dipastikan mengingat Apple belum terlihat akan merilis iPad terbaru dalam waktu dekat, kemungkinan besar pertengahan tahun depan. Sumber yang menjadi acuannya sendiri hanya tertulis A10 pada tabel benchmark. Misteri berikutnya yaitu apakah Apple masih akan menggunakan produksi 14nm sebagaimana A10 atau melompat pada 10nm.

Beberapa sumber mangklaim bahwa Apple akan memproduksi A10X pada TSMC 10nm. Jika A10X benar-benar akan memiliki performa demikian atau bahkan lebih maka bisa menjadi pertanda baik bagi Apple pada tahun depan. Ipad Pro 2 akan menjadi penerus generasi iPad yang solid.

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas