ASUS Zenfone AR, Smartphone Generasi Terbaru dengan Teknologi VR dan AR

Di awal tahun ini, ASUS meluncurkan smartphone terbaru dari lini Zenfone yang sudah dilengkapi dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Zenfone AR ini merupakan ponsel...

16 0
16 0

Di awal tahun ini, ASUS meluncurkan smartphone terbaru dari lini Zenfone yang sudah dilengkapi dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Zenfone AR ini merupakan ponsel pintar pertama yang sudah memiliki teknologi Google terbaru, Tango dan Daydream.

Tango adalah software buatan Google yang dilengkapi satu set sensor sehingga memungkinkan ponsel mengaplikasikan teknologi AR. Tango memiliki tiga tambahan kemampuan baru yaitu Tango motion tracking, Tango depth perception, dan Tango area learning yang bisa meningkatkan keseruan saat bermain game AR. Daydream adalah platform mobile VR kualitas tinggi buatan Google. Jika ponsel Zenfone AR dipasangkan dengan headset dan kontroler Daydream Viewer saat menonton film atau bermain game, pengguna ponsel akan merasakan seolah-olah menjadi tokoh utama film atau game tersebut.

Zenfone AR dibuat dan dikembangkan ASUS bekerja sama dengan Google untuk menjamin pengalaman AR dan VR terbaik yang bisa dirasakan oleh para pengguna ponsel. Zenfone AR adalah perangkat tertipis dan teringan dari semua gadget yang bisa mengaplikasi teknologi Tango. Ukuran dan berat Zenfone AR bisa tipis dan ringan karena ASUS menggunakan sistem kamera inovasi terbaru yaitu ASUS Tricam™, sistem tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 23MP PixelMaster 3.0, kamera motion-tracking, dan kamera depth-sensing yang sesuai dengan spesifikasi Tango.
Kamera utama 23MP PixelMaster 3.0 dilengkapi sensor gambar Sony IMX318 untuk menangkap gambar area sekitar ponsel yang akan dijadikan latar belakang saat menjalankan aplikasi AR.

Kamera motion-tracking akan menyimpan jejak saat ponsel bergerak di ruang tiga dimensi. Kamera depth-sensing membantu menentukan jarak antara kamera dengan suatu objek dengan memproyeksikan sinar laser inframerah ke objek dan mengukur waktu yang dibutuhkan sinar inframerah untuk sampai ke objek dan memantul kembali ke ponsel. Prinsip yang digunakan kamera depth-sensing sama dengan prinsip sonar. Sistem ASUS Tricam mengelompokkan kamera-kameranya dalam satu area agar tidak memakan banyak tempat di dalam ponsel makanya ponsel Zenfone AR bisa menjadi tipis dan ringan.

Zenfone AR menggunakan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 821 yang sudah dioptimalisasi untuk mengaplikasikan Tango dan GPU Adreno 530 untuk menampilkan grafis kualitas tinggi yang dibutuhkan aplikasi Tango dan Daydream. Layar ponsel Zenfone AR berukuran 5,7 inchi dan sudah menggunakan WQHD Super AMOLED. Ponsel ini juga dilengkapi dengan teknologi audio ASUS SonicMaster 3.0 dengan 5 speaker yang mampu menghasilkan audio kualitas tinggi hingga volume tertinggi tanpa adanya distorsi. Pengalaman bermain game, menonton video, dan menggunakan aplikasi Daydream virtual reality akan semain menarik dan mengasyikkan.

Zenfone AR merupakan ponsel pintar pertama yang menggunakan RAM 8GB. Dibantu dengan adanya OS Android terbaru 7.0 membuat kemampuan multitasking Zenfone AR sudah tidak usah diragukan lagi. Pengguna ponsel bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus dan bisa mengganti satu aplikasi dengan aplikasi lain dengan mulus. Zenfone AR memiliki media penyimpanan internal sebesar 256GB yang bisa menyimpan ratusan konten aplikasi, musik, gambar, video, dan game. Zenfone AR juga memiliki sistem pendinginan yang mampu menjaga CPU dan GPU agar tetap bisa bekerja secara efektif dan mencegah terjadinya overheating.

Kemampuan AR dan VR yang disematkan di dalam ponsel ini mampu melebihi ekspektasi yang bisa dilakukan oleh sebuah ponsel pintar. Oleh karena itu tidak berlebihan jika Zenfone AR merupakan salah satu ponsel pintar tercanggih di tahun 2017 ini.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas