ASUS Zenfone AR, Smartphone Berteknologi Google Tango AR sekaligus Daydream VR Pertama Di Dunia

Akhirnya ASUS terjun ke segmen mobile AR dengan meluncurkan Zenfone AR pada CES 2017. Zenfone AR sendiri adalah smartphone pertama yang mendukung Google AR sekaligus Daydream VR. Google...

310 1
310 1

Akhirnya ASUS terjun ke segmen mobile AR dengan meluncurkan Zenfone AR pada CES 2017. Zenfone AR sendiri adalah smartphone pertama yang mendukung Google AR sekaligus Daydream VR. Google Tango sendiri mengawali debutnya pada Lenoco Phab 2 Pro. Pada Zenfone AR, Tango memungkinkan untuk melakukan tracking gerakan, persepsi kedalaman, dan kemampuan pemetaan lingkungan. Kemampuan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengukur obyek fisik, memainkan game interaktif, atau melihat peta dan data lain pada area yang mampu ditampilkan pada layar 5,7 inch SAMOLED.

Pengalaman AR dan penginderaan yang mampu dihasilkan oleh sistem ASUS TriCam yang mengkombinasikan kamera motion tracker, sebuah kamera penjejak kedalaman yang dipasangkan dengan lampu inframerah, dan sebuah kamera utama 23MP Sony IMX318 Exmor RS yang dipasangkan dengan lensa f/2.0. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan OIS 4-axis untuk membantu menstabilkan kamera ketika long exposure, sebuah sensor spektrum warna untuk meningkatkan akurasi white balance, dan sebuah sistem autofokus hybrid yang mengkombinasikan “dual pixel phase detection” atau 2PDAF, laser, dan autofokus berbasis kontras yang mampu memberikan performa baik pada berbagai kondisi pencahayaan. ASUS mengklaim kameranya mampu melakukan fokus dalam waktu hanya 0,03 detik saja pada kondisi ideal. Kamera depannya menggunakan sensor 8MP dan dilengkapi dengan LED flash untuk kebutuhan selfie.

ASUS menanamkan Zenfone AR dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 821, masih belum Snapdragon 835, quadcore pada frekuensi hingga 2,35 GHz dan 2,19 GHz. Komponen DSP-nya menyediakan tracking posisi gerak bebas (6DoF) yang digunakan oleh Tango. Ketika menjalankan aplikasi AR dan VR maka seluruh sumber daya chip prosesor (CPU, GPU, DSP, ISP) ikut bekerja, ASUS menanamkan sistem pendingin mini di dalam casing Zenfone AR. Akan sangat menarik untuk menelisik lebih dalam bagaimana kinerja pendinginnya dan seberapa efektifkah untuk membantu mendinginkannya ketika kinerjanya maksimal.

Zenfone AR dibekali pilihan memori RAM berkapasitas 6GB atau 8GB. ASUS juga memberikan pilihan kapasitas penyimpanan internal mulai dari 32GB hingga 256GB yang bisa ditambahkan dengan kartu memori microSD. Kapasitas baterainya hanya 3500 mAh yang cukup kecil untuk ukuran smartphone berukuran 5.7 inch yang ditujukan untuk aplikasi AR/VR yang cenderung boros daya.

Pada sektor casingnya, ASUS memasang frame aluminium dengan pinggiran chamfered di bagian depan dan belakang. Sebuah tombol power dan pengatur volume terdapat di samping kanan. Sementara itu port USB-C, jack audio 3,5mm, dan speaker terletak pada sisi bawah. Pada bagian belakangnya dilapisi lapisan kulit berwarna abu-abu, dengan bagian kamera yang terlihat garang yang dibingkai dengan stainless steeel tampak cukup menyolok. Pada bagian depannya dilapisi seluruhnya oleh Gorilla Glass 4. Tombol home berbentuk lonjong pada bagian bawah layarnya juga berfungsi sebagai sensor fingerprint kapasitif dan diapit oleh tombol back dan apps yang sedang berjalan.

Spesifikasi ASUS ZenFone AR

  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 821 (MSM8996 Pro AB), 2x Kryo @ 2.35GHz dan 2x Kryo @ 2.19GHz, GPU Adreno 530
  • Memori RAM: 6GB / 8GB LPDDR4
  • Internal Storage NAND: 32GB / 64GB / 128GB / 256GB (UFS 2.0) + microSD (SDXC)
  • Layar: 5.7-inch 2560×1440 SAMOLED
  • Dimensi: 158.7 x 77.7 x 8.95 mm, 170 gram
  • Modem: Qualcomm X12 LTE (Integrated), 2G / 3G / 4G LTE (Category 12)
  • SIM: 2x NanoSIM (dual standby)
  • Kamera Depan: 8MP, f/2.0, AF, dual-tone LED flash
  • Kamera Utama: 23MP, 1/2.6” Sony IMX318 Exmor RS, 1.10µm pixels, f/2.0, 2PDAF + Laser AF, 4-axis OIS, color spectrum sensor, HDR, dual-tone LED flash, Motion Tracking Camera, Depth Camera
  • Baterai: 3300 mAh non-replaceable
  • Konektivitas: 802.11a/b/g/n/ac (2×2 MIMO), BT 4.2, NFC, GPS/GNSS, USB Type-C, 3.5mm headset
  • Launch OS: Android 7.0 dengan ASUS ZenUI 3.0

ASUS Zenfone AR sendiri masih belum dipasarkan di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan harga ASUS Zenfone AR bisa mengontak distributor resmi, Dinamika Perkasa Jaya.

Sumber

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. ASUS ZenFone 3 Zoom, Smartphone Dual Camera Untuk Pecinta Fotografi - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] dengan perilisan ZenFone AR pada event CES 2017, ASUS juga merilis varian ZenFone 3 Zoom. Smartphone keluarga Zenfone 3 […]


Lewat ke baris perkakas