Makna Di Balik Logo “80 PLUS” Pada PSU Komputer

Ketika kita melihat spesifikasi power supply (PSU) true power untuk PC, tidak jarang kita temui label atau logo 80 PLUS dengan warna berbeda-beda. Tidak jarang kita dibuang bingung...

440 0
440 0

Ketika kita melihat spesifikasi power supply (PSU) true power untuk PC, tidak jarang kita temui label atau logo 80 PLUS dengan warna berbeda-beda. Tidak jarang kita dibuang bingung dengannya, karena level harganya bisa jauh berbeda antara satu dengan yang lain, padahal sama-sama berlabel 80 PLUS. Sebenarnya apa arti dibalik logo 80 Plus tersebut?

80 PLUS® adalah standar atau sertifikasi PSU pada tingkat efisiensi diatas 80% pada beban 10%, 20%, 50% dan 100% dengan faktor true power 0,9 atau lebih tinggi lagi. Dengen demikian PSU yang telah tersertifikasi 80 PLUS lebih efisien dibanding PSU yang efisiensinya dibawah 80%.

Terdapat beberapa level sertifikasi 80 PLUS diantaranya Basic, Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Titanium.

Enam Level Sertifikasi 80 PLUS

80 PLUS Titanium melambangkan puncak dari efisiensi yang menjanjikan efisiensi tertinggi pada tegangan listrik masukan 115V. Dengan PFC (Power Factor Correction) mencapai 0.95 pada beban 50% sehingga menjamin suplai daya sangat bersih, reduksi panas, dan efisiensi biaya listrik maksimal. Contoh: EVGA SuperNOVA T2, Seasonic PRIME Titanium dan Andyson Titanium.

80 PLUS Platinum menjadi standar bagi PSU high-end. Menjanjikan efisiensi hingga 92% pada beban wajar, dengan demikian mampu meningkatkan efisiensi dan membantu mereduksi panas pada komponen PC. Contoh: EVGA Seri P2, Seasonic PRIME Platinum, Seasonic Titanium, Seasonic Snow Silent dan Andyson Platinum.

80 PLUS Gold sudah termasuk standar diatas rata-rata bagi pengguna mainstream, yang membutuhkan PSU dengan tingkat efisiensi sangat tinggi namun masih mempertimbangkan budget. Dengan tingkat efisiensi mencapai 90% sudah cukup memberikan efisiensi kelas premium untuk komponen PC performa tinggi. Contoh: EVGA seri G/G2/G3/GQ, Seasonic PRIME Gold, Seasonic X/G/S12G dan Andyson H6.

80 PLUS Silver berada pada level pertengahan dan sudah lebih dari cukup bagi pengguna mainstream. Dengan tingkat efisiensi mencapai 88% maka sudah sangat cukup untuk PC kelas menengah, dan sudah cukup untuk PC kelas high-end namun budgetnya masih belum mampu menjangkau level Gold. Contoh:

80 PLUS Bronze menekankan pada budget namun tidak mengorbankan performa, sangat cocok bagi pengguna mainstream untuk sistem PC mainstream atau low-end. Sertifikasi ini menjamin efisiensi hingga 85% pada beban normal. Contoh: EVGA seri B//B2/BQ. Seasonic S12II, Seasonic M12II EVO, Seasonic ECO dan Andyson M5+.

80 PLUS sangat menekankan pada budget minimal, namun tetap masuk ke dalam koridor standar efisiensi sekitar 80%. Sangat tepat untuk sistem PC budget pas-pasan. Dengan tingkat efisiensi mencapai 80%, maka standar ini merupakan yang terendah dari sertifikasi 80 PLUS. Contoh: EVGA Seri W.

Seluruh produk PSU tersebut cukup mudah didapatkan di pasaran Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai produk PSU 80 PLUS dapat mengkontak distributor resmi EVGA, Seasonic, dan Andyson.

Sumber 1 / Sumber 2

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas