ARM Merilis Prosesor Video 4K HEVC Segmen Mainstream, Mali-V61

Bersamaan dengan peluncuran prosesor grafik terbarunya, Mali-G51, ARM juga meluncurkan prosesor video Mali V61. Produk ini sebelumnya diberi sebutan Egil, dimana sebelumnya ARM pernah mengumumkannya ketika masih dalam...

377 0
377 0

Bersamaan dengan peluncuran prosesor grafik terbarunya, Mali-G51, ARM juga meluncurkan prosesor video Mali V61. Produk ini sebelumnya diberi sebutan Egil, dimana sebelumnya ARM pernah mengumumkannya ketika masih dalam proses pengembangan. Saat ini Mali V61 sudah siap dirilis ke pasaran bersama Mali G51.

Prosesor video Mali V61 atau Egil tidak mengalami perubahan signifikan dibanding pertama kali diumumkan oleh ARM beberapa bulan lalu. Pada produk ini ARM memodernisasi blok video encode dan decode sesuai dengan teknologi terkini yang mendukung 10-bit HEVC encode/decode dan 10-bit VP9 encode/decode. Dibanding dengan versi sebelumnya, Mali VP550, video prosesor ARM V61 mendukung codec yang lebih banyak macamnya, dan saat ini dengan implementasi penuh HEVC encoder maka bisa memberikan performa kompresi HEVC yang jauh lebih baik.

ARM akan memasarkan Mali-V61 bersamaan dengan GPU Mali G51 dan prosesor display ARM DP650 sebagai sebuah solusi pengolah grafik pada berbagai partner mereka. ARM menyebut paket produk tersebut dengan sebutan Mali Multimedia Suite. Namun tidak harus diadopsi seluruhnya, produsen chip bisa mengadopsi sebagian blok produk tersebut semisal hanya Mali G51 atau V61 saja. Dan sebagaimana GPU Mali-G51, Mali V-61 juga akan mulai diintegrasikan pada berbagai perangkat yang dirilis tahun depan. Keberadaan ARM Mali-V61 sendiri akan menjadikan adopsi video 4K di segmen mainstream menjadi semakin cepat dan meluas.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas