ARM Memperkenalkan Desain GPU Low-Power Kelas Mainstream Terbarunya, Mali-G51

Desainer chip hemat daya terkemuka, ARM, mengumumkan varian prosesor grafik (GPU) terbaru dari generasi arsitektur BitFrost, Mali G51. GPU generasi BitFrost yang pertama dirilis ARM adalah Mali G71...

257 1
257 1

Desainer chip hemat daya terkemuka, ARM, mengumumkan varian prosesor grafik (GPU) terbaru dari generasi arsitektur BitFrost, Mali G51. GPU generasi BitFrost yang pertama dirilis ARM adalah Mali G71 di kelas high-end pada akhir Mei lalu. Mali G51 sendiri akan menjadi penerus Mali-T820 dan T830 di kelas mainstream.

ARM percaya diri bahwa Mali G51 akan mampu memberikan performa VR yang cukup bagus untuk kinerja grafis yang lebih ringan. Dari sisi teknis, yang cukup menarik bagi GPU ini adalah desainnya yang unik dan tidak sekedar varian perampingan dari Mali G71. ARM memilih mengembangkan terus arsitektur GPU seri Mali G secara kontinyu pada setiap produknya, bahkan pada satu generasi sekalipun. Jadi Mali G51 memiliki sedikit fitur yang tidak terdapat pada versi G71 padahal masih satu generasi.

Pembeda antara ARM Mali G51 dengan G71 selain dari ukuran luas area dan level performa adalah desain shader core yang disebut dengan desain “dual pixel”, yang berbeda dengan Mali G71 yang menggunakan desain “single pixel”. Per core shader G71 mampu memproses 24 FLOPS (12 FMA) melalui tiga unit execution engine, sedangkan texture dan blending unit mampu memproses 1 texel dan 1 pixel dalam satu siklus clock frekuensi. Sedangkan Mali G51 memiliki shader core yang juga sama memproses 24 FLOPS namun dengan 2 pixel dan 2 texel per siklus clock frekuensi. Hal ini dikarenakan efek grafik 3D semakin cenderung berat di shader ketimbang pixel.

Perubahan terbesar pada arsitektur BitFrost pada Mali G51 memang teknologi desain dual pixel, namun tidak hanya berhenti hingga di situ saja. Tentu saja ada sedikit peningkatan dan optimasi performa dibanding Mali G71. ARM menyertakan instruksi baru pada G51 serta meningkatkan teknologi kompresi frame buffer (AFBC). Pada AFBC versi 1.2 mengimplementasi beberapa optimasi untuk peningkatan blok warna dan trafik memori yang lebih baik.

ARM dan partnernya sudah siap meluncurkan produk prosesor SoC mobile yang mengadopsi desain ARM Mali G51 yang terintegrasi ke dalam siklus update produk-produk prosesor mobile mereka. GPU ARM Mali G51 akan mulai terintegrasi pada perangkat mobile yang dipasarkan pada 2018.

In this article

Join the Conversation

1 comment

  1. ARM Merilis Prosesor Video 4K HEVC Segmen Mainstream, Mali-V61 - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] dengan peluncuran prosesor grafik terbarunya, Mali-G51, ARM juga meluncurkan prosesor video Mali V61. Produk ini sebelumnya diberi sebutan Egil, dimana […]


Lewat ke baris perkakas