ARM Merilis CPU Dan GPU Generasi Terbarunya Yang Menjanjikan Peningkatan Performa AR Dan VR

ARM memperkenalkan generasi terbaru desain prosesor dan GPU. Prosesor kelas flagship yang menawarkan peningkatan performa hingga 22 persen dibanding Cortex A73 dan juga prosesor kelas menengah hemat daya Cortex A55,...

272 0
272 0

ARM memperkenalkan generasi terbaru desain prosesor dan GPU. Prosesor kelas flagship yang menawarkan peningkatan performa hingga 22 persen dibanding Cortex A73 dan juga prosesor kelas menengah hemat daya Cortex A55, serta prosesor grafik Mali G72 yang menawarkan peningkatan performa hingga 25 dibanding G71. Seluruh produk terbaru ARM ini dilengkapi teknologi untuk mempu menghandle kemampuan Machine Learning dan Artificial Intelligence, serta mampu menjalankan tugas berat semisal AR dan VR.

Cortex A75 dan A55 adalah CPU pertama dari ARM yang berteknologi Dynamiq, dimana teknologi ini memungkinkan produsen untuk mnendesain komponen secara fleksibel.

Selama ini ARM mengaplikasikan kombinasi cluster CPU powerfull kelas Cortex A7x yang jumlahnya setara dengan cluster hemat daya Cortex A5x. Namun desain baru ini memungkinkan untuk mengkombinasikan berapapun campuran cluster CPU hingga mencapai 8 core. Sehingga pabrikan chip bisa membuat kombinasi 7 core A55 dan 1 core A75, untuk mendapatkan spesifikasi hemat daya, budget rendah dan performa single core yang tinggi.

ARM mengklaim bahwa arsitektur dan optimasi software akan memberikan peningkatan sebesar 50 kali lipat performa AI pada tiga hingga lima tahun ke depan. Pada Cortex A75, ARM menawarkan peningkatan performa rerata sebesar 22 persen dibanding A73 dengan peningkatan kecepatan memori sebesar 16 persen. Untuk performa single thread akan meningkat sebesar hingga 20 persen.

Cortex A75 sendiri berukuran luas 2,5 kali lipat A55. ARM juga menyasar segmen infrastruktur, otomotif dan aplikasi mobile kelas berat dengan chip ini. Prosesor terkuat ARM ini mengkonsumsi daya hingga 2W pada setiap core yang bisa diatur dengan variasi frekuensi. Pada perangkat berlayar besar seperti tablet dan PC, konsumsi daya prosesor ini bahkan bisa digenjot lebih tinggi lagi hingga 30 persen untuk mendapatkan performa lebih. Windows 10 sendiri akan hadir pada prosesor ARM mulai tahun ini.

ARM juga memperkenalkan GPU Mali G72 yang dilengkapi dengan 32 buah core shader, efisiensi daya 25 persen lebih tinggi, dan peningkatan performa area sebesar 20 persen. ARM mengklaim G72 menghasilkan skor benchmark 17 persen lebih tinggi dibanding G71.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas