APU Masa Depan AMD Gray Hawk Akan Menggunakan Teknologi Transistor 7 Nanometer

AMD sedang mengerjakan sebuah keluarga APU yang berkode “Gray Hawk” yang direncanakan rilis pada 2019 dengan fabrikasi 7nm FinFET. Accelerated Processing Unit (APU) canggih ini akan tersusun dari...

384 0
384 0

AMD sedang mengerjakan sebuah keluarga APU yang berkode “Gray Hawk” yang direncanakan rilis pada 2019 dengan fabrikasi 7nm FinFET. Accelerated Processing Unit (APU) canggih ini akan tersusun dari CPU Zen+ hingga 4 core dan 8 thread dengan konsumsi daya sangat rendah hanya 10W. Untuk chip grafik terintegrasinya akan menggunakan GPU berbasis AMD Navi yang digadang-gadangkan memiliki peningkatan performa dan efisiensi yang signifikan dibanding generasi saat ini.

Gray Hawk akan menggantikan APU Raven Ridge yang memnggunakan teknologi 14nm yang baru akan dirilis pertengahan 2017. APU Gray Hawk ini sendiri akan menjadi APU paling serbaguna yang pernah dibuat AMD yang akan menjadi otak bagi berbagai perangkat komputasi semisal komputer desktop, laptop, mesin game, embedded system, sistem komputer automasi, penginderaan medis, dan kontrol mesin industri. APU masa depan AMD ini sendiri dikabarkan akan rilis pada 2019 bersamaan dengan AMD Starship, CPU monster dengan 48 core Zen+ dengan 96 thread.

Semua produk chip AMD tersebut akan diproduksi pada teknologi 7nm GlobalFoundries. Perusahaan tersebut telah menginvestasikan milyaran dolar untuk membangun teknologi tersebut pada Fab 8 di New York. Teknologi fabrikasi 7nm tersebut akan mulai produksi beberapa tahun yang akan datang bersamaan dengan rilisnya produk CPU masa depan AMD penerus Zen yang disebut dengan Zen+.

Untuk Navi sendiri merupakan arsitektur grafik generasi ketiga yang didesain oleh Radeon Technologies Group (RTG) yang baru setahun dibentuk oleh AMD. Navi merupakan penerus Polaris sebagai generasi pertama dan Vega sebagai generasi kedua. Teknologi GPU masa depan tersebut akan memanfaatkan memori generasi mendatang yaitu HBM generasi 3. Kartu VGA berbasis Navi direncanakan akan rilis pada akhir 2018 atau awal 2019 pada proses fabrikasi 7nm FinFET.

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas