APU AMD Bristol Ridge Berhasil Dioverclock Hingga 4,8 GHz

APU terbaru AMD yang belum lama ini diluncurkan, Bristol Ridge, berhasil dioverclock hanya dengan menggunakan pendingin udara. Seorang overclocker bernama Nam Dae Own (NameGT) berhasil mengoverclok AMD A12-9800 yang...

374 0
374 0

APU terbaru AMD yang belum lama ini diluncurkan, Bristol Ridge, berhasil dioverclock hanya dengan menggunakan pendingin udara. Seorang overclocker bernama Nam Dae Own (NameGT) berhasil mengoverclok AMD A12-9800 yang menggunakan platform AM4. A12-9800 sendiri merupakan varian tertinggi dari APU Bristol Ridge yang saat ini sayangnya baru tersedia bagi OEM (Original Equipment Manufacturer).

Hal-hal mendasar yang terkait tentang AMD Bristol Ridge A12-9800 sudah pernah dibahas pada postingan sebelumnya, juga dibahas mengenai soket terbaru AM4. Ringkasnya AMD A12-9800 merupakan APU yang terdiri dari quadcore CPU berbasis excavator dengan frekuensi standar 3.8/4.2GHz dengan L2 cache sebesar 2MB shared danchip grafik bertotal 512 stream processor berbasis GCN 4 (GFX8) layaknya Polaris (RX 480/470/460) dengan frekuensi standar 1.1GHz. APU AMD generasi ke-7 seri 9xxx sendiri merupakan lini prosesor pertama AMD yang menggunakan soket AM4 dan memori DDR4 serta sudah mendukung 4K native melalui HEVC H.265. Konsumsi daya TDP-nya hanya 65 Watt, jauh lebih rendah dibanding APU generasi sebelumnya yang 95 Watt.

Overclocker asal korea tersebut berhasil melakukan overclock pada frekuensi yang cukup fantastis hingga 4.8 GHz atau 27% dari clock standar dengan menggunakan standar APU A12-9800 yang diambil dari sistem OEM, voltase chip diset pada 1.325V. Pada overclock kali ini APU tersebut berhasil mencetak skor benchmark HWBot Prime sebesar 4608 poin. Motherboadnya sendiri menggunakan ASUS Octopus berbasis chipset B350 yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan oleh ASUS. Dan hebatnya lagi, sistem pendinginnya sendiri hanya menggunakan AMD Wraith yang sudah dirilis dan sudah menjadi kipas pendingin stok standar bawaan prosesor AMD sejak awal tahun ini yang juga kompatibel dengan soket AM4.

Menariknya lagi motherboard ASUS Octopus sendiri masih belum dirilis di pasaran bahkan masih belum selesai tahap desain. Motherboad ASUS Octopus kemungkinan besar akan dirilis beberapa saat sebelum produk APU/CPU AMD berbasis AM4 untuk pasar rakitan dirilis di pasaran, sehingga bisa jadi masih terdapat sedikit perubahan pada desain boardnya. Overclock ini sendiri secara tidak langsung merupakan pembuktian awal bagi motherboard ASUS Octopus dan APU A12-9800 itu sendiri sebelum dilempar ke pasaran.

Pada ASUS Octopus sudah nampak sebuah slot PCIe 3.0 x16, sebuah slot PCIe 3.0 x1, sebuah slot PCI lawas, dan sebuah slot M.2 yang ini pertama kalinya bagi produk motherboard berchipset AMD tanpa harus menggunakan chip kontroler buatan pihak ketiga. Tampak juga empat buah slot DIMM DDR4 dengan dua keping memori terpasang total 16GB dan empat buah port SATA III 6Gb/s. Untuk port dan fitur lain ASUS Octopus masih belum terlihat dan spesifikasi detailnya juga belum dirilis oleh pihak produsen.

APU A12-9800 sudah divalidasi di CPU-Z Validator, untuk catatan overclocknya ada di HWBot.

 

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas