Apple Mengklaim Bahwa Lensa Kamera Iphone 7 Dari Kaca Safir. Benarkah?

Apple sudah cukup menuai kontroversi ketika mereka menghilangkan 3,5 audio jack pada produk iPhone 7 terbarunya. Raksasa gadget tersebut berpotensi menuai kontroversi berikutnya pada bagian lensa kamera karena...

522 0
522 0

Apple sudah cukup menuai kontroversi ketika mereka menghilangkan 3,5 audio jack pada produk iPhone 7 terbarunya. Raksasa gadget tersebut berpotensi menuai kontroversi berikutnya pada bagian lensa kamera karena Apple mengklaim bahwa lensa kamera iPhone 7 menggunakan kaca safir (sapphire glass). Sebuah video dari Youtube mencoba menguji klaim tersebut apakah Apple benar-benar memasangkan kaca safir pada lensa iPhone 7 atau hanya omong kosong semata.

Pada video tersebut justru tampak bahwa lensa kamera iPhone 7 tergores, padahal pada level goresan tersebut harusnya kaca safir lebih tahan. Bahkan tester pada video tersebut membandingkannya dengan kaca arloji Tissot yang juga diklaim dan terbukti menggunakan kaca safir. iMore justru melaporkan bahwa pengujian tersebut sebenarnya tidak menggores lensa tersebut tapi justru meretakkannya. Berikut klaim pernyataan dari Phillip Schiller, direktur marketing Apple Inc akan lensa Iphone 7 tersebut.

Bagaimanapun juga tetap timbul pertanyaan mengapa kaca safir yang harusnya kuat tersebut bisa retak padahal hanya dengan level goresan tersebut. Penguji pada video tersebut menduga bahwa Apple melapisi kaca lensa tersebut dengan lapisan silikon tipis pada permukaannya. Namun bisa jadi Apple menggunakan kaca safir kualitas rendah. berbagai sumber menyatakan bahwa Apple kemungkinan besar menggunakan kaca safir yang sama pada lensa iPhone 5 yang juga mereka klaim.

Walau video tersebut sudah cukup membuktikan dengan pengujian dan perbandingan pada kaca safir yang sebenarnya. Namun hingga saat ini Apple tetap mengklaim bahwa kaca lensa iPhone 7 tetap menggunakan Safir.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas