Apple Merilis MacBook Pro Generasi ke-4 Dengan Performa Grafis 2x Lipat

Sudah sekian waktu Apple belum produk MacBook Pro-nya hingga membuat para penggunanya merasa ketinggalan jaman dibanding laptop Windows. Tahun lalu hanya versi 13″ saja yang mendapat update prosesor Intel...

604 2
604 2

Sudah sekian waktu Apple belum produk MacBook Pro-nya hingga membuat para penggunanya merasa ketinggalan jaman dibanding laptop Windows. Tahun lalu hanya versi 13″ saja yang mendapat update prosesor Intel Core generasi ke-5 Broadwell sedangkan versi 15″ masih bertahan pada Intel Core generasi 4 Haswell. Namun pada sebuah event spesial yang diselenggarakan Apple pada tanggal 27 Oktober PDT atau tanggal 28 WIB dini hari tadi di Kalifornia AS, raksasa gadget berlambang apel kroak tersebut akhirnya merilis generasi ke-4 MacBook Pro.

Apple memperkenalkan 3 model baru MacBook Pro: sebuah versi basic 13″ dan dua buah versi dengan fitur komplit pada tipe 13″ dan 15″. Seluruh versi beru tersebut memiliki persamaan diantaranya casing unibody desain baru, layar dengan reproduksi warna gamut (P3), Intel Core generasi ke-6 Skylake, Thunderbolt 3, dan SSD terbaru. Pembeda antara versi basic 13″ dengan versi lainnya adalah nihilnya fitur terbaru Apple Touch Bar.

MacBook Pro terbaru ini masih menggunakan desain casing unibody alumunium, namun Apple mengurangi volume dimensi laptop ini dibanding generasi sebelumnya. Sehingga Apple menerapkan sistem pendinginan yang lebih tipis dan kompak. Apple memang terkenal obsesif dengan produk-produk tipis yang terkadang justru tidak bagus. Apple membuat MacBook Pro terbaru ini lebih tipis lagi dibanding sebelumnya, dari 18 mm menjadi 14,9 untuk versi 13″ dan 15,5 mm pada 15″. Dengan volume keseluruhan yang berurang 23% pada 13″ dan 20% pada 15″.

Jeroan MacBook Pro sama-sama menggunakan Intel Core generasi ke-6 Skylake. Pada versi basic 13″ menggunakan tipe 15W Core i5-6360U 2.0 GHz, versi 13″ diatasnya menggunakan tipe 28W Core i5-6267U 2.9 GHz, dan versi tertinggi 15″ menggunakan tipe 45W Core i7-6700HQ 2.0 GHz. Kedua tipe 28W dan 45W tidak berubah dibanding generasi sebelumnya.

Pada seluruh generasi ke-4 terbaru MacBook Pro 15″ ini Apple menanamkan discrete GPU dari AMD Radeon Pro Polaris 11, menggantikan generasi AMD GPU Cape Verde pada MacBook Pro generasi sebelumnya. Apple menawarkan 3 konfigurasi dGPU yang memiliki lompatan luar biasa dibanding MacBook Pro generasi sebelumnya. Pihak AMD menyatakan pada Anandtech bahwa seluruh AMD Radeon Pro dGPU tersebut mengkonsumsi daya 35W. Apple mangklaim peningkatan performa grafik 2x lipat pada versi Radeon Pro 460 dibanding generasi sebelumnya yang menggunakan Intel Iris Pro terintegrasi. Pada media penyimpanan Apple menawarkan SSD terbaru yang diklaim pada kecepatan read 3GB/s dari Samsung dan Toshiba yang ditawarkan pada berbagai pilihan kapasitas hingga 2TB.

Apple tidak membuat perubahan pada konfigurasi resolusi layar, masih menggunakan 2880×1800 dan 2560×1600 sama seperti sebelumnya. Namun Apple mengupgrade teknologi layar tersebut hingga mampu memproduksi warna hingga standar P3 color gamut yang sebelumnya sudah diaplikasikan secara seragam pada iMac, iPhone 7, dan iPad Pro. Layar baru tersebut juga lebih terang dibanding sebelumnya hingga 500 nits atau 67% lebih terang. Seluruh panel layar tersebut menerapkan teknologi “variable refresh rate” yang mirip dengan AMD FreeSync (atau mungkin memang AMD FreeSync) yang juga merupakan upgrade dibanding sebelumnya. Apple tidak menyebutkan secara detail sepsifikasi layar tersebut namun mereka hanya mengklaim bahwa konsumsi dayanya lebih hemat 30%.

Keyboard dan trackpad/touchpad mendapatkan perombakan luar biasa dengan teknologi baru dan lebih tipis. Keyboard menggunakan versi upgrade dari teknologi butterfly switch yang sudah diperkenalkan pada MacBook sehingga lebih nyaman dan kedalaman tekanannya lebih kecil dibanding sebelumnya. Force Touch trackpadnya sendiri diperbesar hingga menyentuh tepi casing dan keyboard. Peningkatan luasan trackpad ini mencapai 2x lipat pada versi 15″ dan 46% pada versi 13″.

Apple mengupgrade seluruh opsi port IO-nya (input/ouput) secara radikal. MacBook Pro terbaru mengobral port USB 3.1 Type-C/Thunderbolt 3. Versi basic hanya menggunakan 2 port sedangkan versi diatasnya 4 port, plus 3,5 mm audio. Seluruh variasi port yang ada sebelumnya hilang, mengikuti jejak MacBook namun dengan jumlah lebih banyak. Seluruh port USB Type-C/TB3 tersebut memiliki fungsi setara, sama-sama bisa digunakan untuk output display dan bisa digunakan untuk mengisi daya baterai.


Fitur terakhir yang menjadi lompatan sekaligus ciri khas generasi ke-4 MacBook Pro adalah Touch Bar. Touch Bar ini merupakan layar multi-touch kapasitif memanjang horizontal yang letaknya menggantikan barisan tombol fungsi (tombol F). Tujuannya adalah membuat jajaran tombol virtual sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna atau aplikasi, yang mengadopsi teknologi multi-touch yang selama diaplikasikan pada perangkat iOS. Touch Bar ini tersedia pada seluruh versi MacBook Pro generasi 4 kecuali versi basic 13″ yang masih menggunakan tombol F. Walau konsepnya terlihat futuristik dan inovatif namun Touch Bar sendiri bisa menjadi masalah bagi sebagian user, karena harus beradaptasi dari tombol fisik yang selama ini mereka hafal dan rasakan lokasinya.

Sebagaimana perangkat iOS yang sudah menggunakan sensor sidik jari Touch ID pada ujung kanan Touch Bar, Apple menggunakan chip kontroler yang disebut dengan T1 untuk menghandle fungsi sensor tersebut dan sistem keamanannya. Seluruh fungsi Touch ID yang ada pada iOS bisa diaplikasikan pada macOS termasuk diantaranya Apple Pay, bahkan bisa digunakan untuk login user macOS. Tidak hanya itu saja, Touch ID tersebut juga berfungsi sebagai tombol power karena bisa ditekan.

Seluruh MacBook Pro generasi terbaru ini sudah mulai dipasarkan oleh Apple, model basic 13″ tanpa Touch Bar dan hanya memiliki 2 port USB Type-C dibanderol mulai 1499 USD. Dua model diatasnya dibanderol mulai 1799 USD untuk model 13″ dan mulai USD 2399 untuk model 15″.

Apple sudah menghilangkan embel-embel Retina pada varian MacBook Pro saat ini mengingat seluruhnya sudah menerapkan teknologi layar yang seragam. MacBook Pro 13″ terbaru bahkan lebih tipis dan powerful daripada MacBook Air 13″ namun masih saja dipasarkan. Jika melihat segmen MacBook berukuran 13″ mulai diisi MacBook Pro maka tidak lama lagi MacBook Air akan dihapus dari pasaran. Secara keseluruhan produk Apple MacBook terbaru saat ini memiliki 4 tipe: MacBook 12″, Basic MacBook Pro 13″, MacBook Pro 13″, dan MacBook Pro 15″.

Sumber

 

In this article

Join the Conversation

2 comments

  1. AMD Meluncurkan Radeon Pro 400 Series Bersamaan Dengan MacBook Pro Generasi 4 - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] Radeon Pro 400 Series oleh AMD ini bersamaan dengan peluncuran Apple MacBook Pro terbaru generasi 4. MacBook Pro sendiri merupakan produk pertama yang mengadopsi GPU AMD Radeon Pro 400 […]

  2. Selamat Tinggal Logo Apple Menyala - Informasi Hardware, Gadget , TIps dan Trik Balas

    […] adalah audio jack 3,5 mm pada iPhone 7, lalu port USB Type-A dan port charging MagSafe pada MacBook Pro terbaru. Tampak jelas bahwa Apple tidak memberi kesempatan lagi pada teknologi lama dan mengimplementasikan […]


Lewat ke baris perkakas