Apple Dan Samsung Mencoba Bangkit Di Tengah Terpuruknya Pasar Tablet

Apple dan Samsung akan merilis tablet terbarunya pada semester awal tahun ini di tengah-tengah terpuruknya penjualan global tablet, menurut pengamat pasar yang dikutip dari yonhap pada hari kamis ini....

289 0
289 0

Apple dan Samsung akan merilis tablet terbarunya pada semester awal tahun ini di tengah-tengah terpuruknya penjualan global tablet, menurut pengamat pasar yang dikutip dari yonhap pada hari kamis ini. Apple sebagai pemegang tahta pasar tablet sendiri penjulan iPad-nya menurun hingga mencapai titik terendah semenjak pertama kalinya diluncurkan pada 2011. Raksasa perangkat mobile dari Cupertino tersebut akan merilis tiga model terbaru tabletnya sekitar Maret atau April besok.

Tiga perangkat yang diperkirakan oleh pengamat tersebut akan dirilis Apple yang pertama yaitu Ipad pro 2, versi penerus iPad Pro dengan layar 12,9 inch dengan prosesor yang jauh lebih kuat. Apple juga akan merilis iPad Pro 2 model 10,1 atau 10,9 inch untuk menggantikan generasi sebelumnya pada ukuran yang sama. Lalu Apple akan merilis model terkecil 9,7 inch untuk menggantikan iPad Air 2.

Raksasa teknologi Korsel, Samsung, juga dijadwalkan akan mengumumkan Galaxy Tab S3 pada Mobile World Congress 2017 di Barcelona bulan Februari ini. Tablet berbasis sistem operasi Android tersebut merupakan penerus Galaxy Tab S2 yang dirilis pada 2015 lalu sembari kembali merebut pangsa pasarnya yang sempat bergejolak akibat kasus penarikan Galaxy Note 7 dari pasaran akibat masalah baterai. Tablet flagship tersebut akan menggunakan layar 9,6 inch dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 sebagaimana yang terdapat pada smartphone flagship Galaxy S7.

Namun tetap saja para pengamat pasar teknologi memperkirakan penjualan tablet global akan terus menurun selama tiga tahun berturut-turut pada 2017. Penjualan tablet sendiri akan terus menurun hingga di bawah 166 juta unit yang disebabkan oleh benyaknya penggunannya yang beralih ke smartphone dengan layar besar dan tetap bertahan pada tablet yang sudah dimilikinya. Sementara itu pasar PC desktop 2016 lalu ini justru mencapai titik tertinggi dengan nilai menembus 30 milyar USD.

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas