VGA Terbaru AMD Vega 10 Dengan Memori HBM2 16GB Akan Diumumkan Pada Akhir 2016

AMD direncanakan akan mengumumkan GPU generasi terbaru mereka Vega 10. AMD Vega 10 awalnya akan dirilis untuk segmen pasar profesional akhir tahun 2016 ini, sebelum segmen mainstream diluncurkan awal tahun depan....

1448 0
1448 0

AMD direncanakan akan mengumumkan GPU generasi terbaru mereka Vega 10. AMD Vega 10 awalnya akan dirilis untuk segmen pasar profesional akhir tahun 2016 ini, sebelum segmen mainstream diluncurkan awal tahun depan. GPU ini akan menjadi produk GPU high-end pertama AMD yang menggunakan memori HBM2.

Rumor ini muncul dari Fudzilla dimana sumber mereka memperkirakan bahwa AMD akan membuat pengumuman Vega 10 pada akhir 2016. Hal ini sangat wajar mengingat AMD juga mengumumkan arsitektur Polaris pada waktu yang sama tahun 2015 lalu. Sejauh ini AMD beru mengkonfirmasi secara resmi bahwa Vega akan diluncurkan untuk pasar enthusiast sekitar semester awal 2017.

Selain segmen profesional, Vega 10 ini juga akan ditujukan untuk segmen pasar server dan high performance computing (HPC). AMD Vega sendiri akan memiliki beberapa varian yang sudah pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Pengumuman Vega ini bisa jadi dilaksanakan oleh AMD pada even Supercomputer Show pada november tahun ini atau even yang AMD selenggarakan secara eksklusif.

Menurut sumber tersebut, varian GPU teratas Vega 10 akan menggunakan memori 16GB HBM2. AMD juga akan membuat varian dengan kapasitas memori HBM2 lebih rendah. Alasan AMD menyelenggarakan pengumuman lebih awal tersebut mirip dengan strategi NVIDIA Tesla P100, yaitu meluncurkan produk lebih awal dalam jumalh sangat terbatas membuat publik antusias pada produk-produk berikutnya. Strategi tersebut juga bisa membuat AMD lebih siap memasarkan produk Vega 10 pada 2017 tersebut karena pasar sudah siap.

Pada 2017 AMD akan mengalihkan seluruh arsitektur GPU-nya ke teknologi FinFET sebagaimana Polaris. Vega sendiri akan mengisi segmen kelas high-end sedangkan Polaris mengisi pasar kelas menengah. Vega 10 dikabarkan akan memiliki hingga 4096 stream prosesor yang menggunakan arsitektur GCN terbaru GFX9 yang akan lebih optimal untuk Deep Learning. Vega 10 diperkirakan akan memiliki kemampuan komputasi hingga 24 TFLOP FP16 dan single precision 12 TFLOP FP32. Chip GPU monster tersebut akan memiliki bandwidth memori HBM2 sebesar 512GB/s dengan konsumsi daya maksimal hanya 225W.

 

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas