Seluruh Varian AMD Ryzen Akan Memiliki Potensi Overclock

Beberapa informasi yang beredar mengenai AMD Ryzen semakin mengkonfirmasi bahwa setiap tipe prosesor AMD Ryzen akan ter-unlock multiplier-nya. AMD sendiri menargetkan akan merilis Ryzen pada akhir kuartal pertama tahun ini....

257 0
257 0

Beberapa informasi yang beredar mengenai AMD Ryzen semakin mengkonfirmasi bahwa setiap tipe prosesor AMD Ryzen akan ter-unlock multiplier-nya. AMD sendiri menargetkan akan merilis Ryzen pada akhir kuartal pertama tahun ini.

Hingga saat ini yang masih diketahui dari varian prosesor AMD Ryzen adalah varian tertingginya yang terdiri dari 8 Core dengan 16 Thread. Tentu saja nantinya ketika rilis maka akan tersedia berbagai versi dengan konfigurasi jumlah core berbeda, namun masih belum diketahui detail spesifikasinya. AMD sudah menyatakan kepada Infoworld bahwa varian yang akan dirilis mencakup seluruh segmen dan konfigurasi core. Statemen tersebut menunjukkan bahwa Ryzen bisa jadi akan terdiri rentang varian 2C/4T, 4C/8T, dan 6C/12T.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa AMD Ryzen akan dirilis dalam kondisi terunlock maka hal ini tentu saja akan disambut oleh kalangan enthusiast. Tentu saja potensi tersebut juga akan tergantung pemilihan produk motherboard berchipset X370, X300, atau B350. Jika ingin memaksimalkan fitur multi-GPU SLI/CrossFire, maka mobo dengan chipset X370 akan menjadi keharusan.

AMD menegaskan bahwa Ryzen akan dirilis pada akhir kuartal pertama 2017 yang bisa berarti paling lambatnya. Robert Hollock menyatakan bahwa akhir kuartal pertama sudah di luar jadwal rilis, sehingga bisa diartikan bahwa bulan depan pun bisa jadi sudah mulai akan dirilis di pasaran.

Salah satu fakta menarik lainnya mengenai Ryzen yang dirilis pada event CES adalah arsitektur tersebut akan dikembangkan hingga 4 tahun, sebagaimana yang dikatakan oleh AMD CTO, Mark Papermaster, sebagaimana yang dialporkan oleh PCWorld. Diharapkan akan muncul dua hingga tiga generasi produk CPU AMD berbasis Ryzen selama masa pengembangannya.

 

 

 

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas