Core Prosesor AMD Ryzen Berukuran 10% Lebih Kecil Dibanding Intel Kaby Lake

Biaya produksi CPU sangat erat kaitannya dengan ukuran chip semikonduktornya, semakin kecil chip-nya berarti CPU tersebut biayanya makin rendah, semakin besar chip-nya maka semakin besar pula biayanya. AMD...

406 0
406 0

Biaya produksi CPU sangat erat kaitannya dengan ukuran chip semikonduktornya, semakin kecil chip-nya berarti CPU tersebut biayanya makin rendah, semakin besar chip-nya maka semakin besar pula biayanya. AMD memperesentasikan detail terkait ukuran chip AMD Ryzen x86 pada even International Solid State Circuits Conference, dimana ternyata di situ disebutkan bahwa ukurannya 10% lebih kecil dibanding prosesor Intel yang sekelas.

AMD juga memberi informasi bahwa mereka menemukan teknologi yang memungkinkan untuk menekan kapasitansi switching hingga 15%. EETimes menyebutkan bahwa para analis dan engineer Intel mengakui bahwa Zen adalah teknologi yang kompetitif.

CEO Intel baru-baru ini menyatakan bahwa AMD Ryzen bukan suatu ancaman bagi mereka dan dia yakin bahwa arsitektur Kaby Lake sudah cukup mampu untuk berkompetisi dengan AMD Ryzen. Namun kelihatannya Intel harus mulai khawatir dengan ancaman dari AMD. Berikut detail perbandingan ukuran core CPU x86 terbaru.

Pada demonstrasi yang dilakukan oleh AMD, CPU Ryzen menunjukkan performa yang luar biasa. Selain performa, AMD Ryzen juga perlu menetapkan harga yang tepat untuk berkompetisi melawan Intel.

Walau ukuran chip AMD Ryzen yang lebih kecil berimplikasi pada biaya produksi yang lebih murah, namun masih belum diketahui apakah Ryzen mampu membantu AMD untuk mengefisiensikan anggaran produksinya, jika memang benar-benar bisa maka kemungkinan besar Ryzen akan dibanderol AMD dengan harga yang sangat kompetitif.

Sumber

In this article

Join the Conversation


Lewat ke baris perkakas